Berbuka Puasa di Sei Kepayang, Djarot Berikan Saran Jitu untuk Petani Kelapa

Share this:
BMG
H Djarot Saiful Hidayat berbincang dengan pengupas kelapa di Desa Sungai Kepayang, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, Selasa (5/6/2018).

ASAHAN, BENTENGTIMES.com – H Djarot Saiful Hidayat kembali mengungkapkan bahwa berpuasa sesungguhnya membuat jiwanya tenang. Calon Gubernur Sumatera Utara nomor urut 2 ini mengaku betul-betul bahagia, karena hingga Ramadan ke-20 ini ia tetap bisa melayani, menabur kebaikan dan peduli dengan yang lain.

“Jadi, berpuasa itu menumbuhkan kesegaran jiwa. Salah satu cara menyempurnakan akhlak kita, supaya berakhlakul karimah, ya dengan berpuasa,” ujar H Djarot Saiful Hidayat dalam acara buka puasa bersama di Desa Sungai Kepayang, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, Selasa (5/6/2018).

Mantan Walikota Blitar dua periode ini kembali mengungkapkan rasa bahagianya. Ia mengaku sangat terkesan saat melihat keceriaan wajah seorang pengoncek (pengupas) kelapa.

(BACA: Akrabnya Djarot saat Berbuka dengan Ustad, Pemuka Agama dan Bilal Mayit)

“Usia masih muda-muda, mereka bekerja mengupas kelapa meski sedang berpuasa. Saya senang melihatnya. Sesungguhnya, merekalah yang memiliki jiwa-jiwa tenang yang tetap bersemangat,” ucap Djarot yang sore itu datang mengenakan kemeja panjang warna putih dan dengan peci hitam.

Tentang kelapa, Djarot berpandangan kalau para petani kelapa jalan sendiri-sendiri tidak akan mampu bersaing dengan para pemodal. Oleh sebab itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyarankan agar para petani kelapa membentuk kelompok.

H Djarot Saiful Hidayat membagi tajil di di pusat Kota Tanjungbalai, Selasa (5/6/2018).

Kemudian pemerintah hadir memfasilitasi kelompok agar mampu menciptakan kegiatan agar kelapa mendapat nilai tambah, semisal dengan membangun pabrik tepung kelapa.

Menurutnya, sebagai parhobas (pelayan) harus sering turun ke bawah bertemu dengan masyarakat. Para kepala daerah tidak harus rapat di Medan. “Apa masalah, ayo sama-sama kita carikan solusi. Begitu,” ucapnya.

(BACA: Djarot Buka Puasa Bersama Ibu-ibu Perwiridan dan Pujakesuma: DJOSS Hadir untuk Ini..)

Warga yang lain, yang merupakan seorang nelayan, juga menyampaikan keluhannya kepada Djarot. Armen Margolang, salah satu dari mereka menyampaikan bahwa perhatian pemerintah terhadap nelayan selama ini dinilai kurang. Ia berharap ke depan pasangan DJOSS (Djarot-Sihar) bisa mensejahterakan masyarakat, terutama nelayan.

Pada acara buka puasa tersebut turut hadir Rohmansyah, Ketua Muslimin Berjuang Zaharuddin Sinaga, eks Walikota Tanjungbalai H Thamrin Munthe.

Sebelum berbuka puasa, H Djarot menunaikan Sholat Azhar di Masjid Jami’issabel Kota Tanjungbalai. Kemudian lanjut berbelanja takjil di pusat Kota Tanjungbalai dan membagi-bagikannya kepada para pengguna jalan di bundaran besar Kota Tanjungbalai.

Share this: