Tahukah Kamu Siapa Perdana Menteri Indonesia Pertama?

Share this:
BMG
Mereka para pahlawan Indonesia yang jarang dikenal.

8. Sutan Syahrir

Terakhir, pahlawan yang mungkin juga tidak anda tahu adalah Sutan Syahrir atau Soetan Sjahrir. Dia lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), pada 5 Maret 1909.

Sutan Syahrir merupakan Perdana Menteri Indonesia pertama, sekaligus perintis dan revolusioner kemerdekaan Indonesia.

Ia juga salah satu pendiri Pemuda Indonesia yang menjadi motor penyelenggaraan Kongres Pemuda Indonesia yang mencetuskan Sumpah Pemuda pada 1928.

Selain itu, Sutan Syahrir juga mendirikan sebuah partai bersama Bung Hatta bernama Partai Nasional Indonesia (PNI Baru) pada tahun 1932. Dari sekolah itu, mereka mencetak kader-kader pergerakan yang dinilai radikal oleh polisi kolonial.

Hingga pada 1934, Belanda menangkap, memenjarakan, dan membuang Sutan Syahrir, Hatta, dan pemimpin PNI Baru ke Boven-Digoel dan Banda Neira.

Setelah kemerdekaan Indonesia, pahlawan yang dijuluki Si Kancil ini sempat menjabat sebagai penasihat Presiden Soekarno sekaligus Duta Besar Keliling, serta sebagai Ketua Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP KNIP).

Sutan Syahrir.

BacaBandar Dianggap Pahlawan, Pencanangan Kelurahan Banjar Bersih Narkoba Gagal

BacaDjarot Beber Sebab Bung Karno Menolak Disebut Pencipta Pancasila

Syahrir selalu menyerukan nilai-nilai kemanusiaan dan anti-kekerasan. Dia konsisten memperjuangkan kedaulatan RI lewat jalur diplomasi. Sutan Syahrir meninggal di Swiss pada tanggal 9 April 1966 saat berumur 57 tahun. Nah, itulah 8 pahlawan Indonesia yang jarang dikenal sepak terjangnya.

Share this: