Tahukah Kamu Siapa Perdana Menteri Indonesia Pertama?

Share this:
BMG
Mereka para pahlawan Indonesia yang jarang dikenal.

BENTENGTIMES.comKemerdekaan Indonesia tidak diraih dengan gampang. Banyak pejuang Tanah Air rela bekerja keras banting tulang sampai mempertaruhkan nyawa demi kata ‘merdeka’.

Kali ini, kita membahas 8 pahlawan Indonesia yang turut berjuang meraih Kemerdekaan Indonesia, namun sepak terjangnya jarang dikenal. Siapa saja mereka?

Disadur dari berbagai sumber, berikut 8 pahlawan Indonesia namun jarang dikenal. Simak daftar di bawah ini.

1. Dewi Sartika

Pahlawan pertama yang mungkin Anda tidak ketahui adalah Dewi Sartika. Ia ada pahlawan wanita yang meneruskan perjuangan RA. Kartini dalam memperjuangkan emansipasi dan pendidikan untuk kaum wanita.

Dewi Sartika membangun sekolah bernama Sekolah Isteri di Pendopo Kabupaten Bandung pada 1904 untuk memajukan pendidikan wanita.

Saat awal dibuka, sekolah itu memiliki 20 murid wanita. Namun semakin lama, semakin banyak yang ingin mendaftar. Akhirnya, sekolah dipindah dan ganti nama menjadi Sekolah Keutamaan Isteri.

Hebatnya, agar sekolah dapat terus berjalan, Dewi Sartika ikut membanting tulang untuk membiayai kebutuhan operasional sekolah.

Dewi Sartika.

BacaSurat Terbuka Untuk Jokowi Jadikan Nahum Situmorang Pahlawan Nasional

BacaBUMN dan UMKM dalam Cerita dan Angka, Siapa Pahlawan Sesungguhnya?

Namun, Dewi Sartika tidak pernah mengeluhkan hal itu. Akhirnya, nama sekolahnya berubah menjadi Sekolah Raden Dewi.

Saat memasuki usia senja, Dewi Sartika dan para pejuang di Sunda ikut membela tanah air saat agresi militer Tahun 1947. Namun saat masa pengungsian, Dewi Sartika meninggal di usia ke 62 tahun, pada tanggal 11 September 1947.

Halaman Selanjutnya..

Moehammad Jasin, Bapak Brimob Polri

Share this: