Putus Penyebaran Covid-19, MUI Sarankan Realokasi Anggaran hingga Lockdown

Share this:
BMG
Anwar Abbas, Sekretaris Jenderal MUI.

Kasus Covid-19 Bertambah Jadi 1.155

Pihaknya berharap saran-saran tersebut dapat dipertimbangkan oleh para politisi, pimpinan partai, serta pemerintah agar Indonesia bisa segera terbebas dari wabah Covid-19 secepatnya. Adapun kasus Covid-19 di Indonesia semakin bertambah.

Per tanggal Sabtu (28/3), jumlah kasus telah mencapai 1.155 dengan rincian 994 orang dirawat, 102 orang meninggal dunia, dan 59 orang dinyatakan sembuh.

Provinsi DKI Jakarta menjadi provinsi dengan jumlah pasien terbanyak, yakni 627 orang. Disusul kemudian Jawa Barat dengan 119 orang, Banten 103 orang, dan Jawa Timur (Jatim) 77 orang serta sejumlah provinsi lainnya yang juga turut terpapar.

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan pemerintah saat ini tengah menyiapkan Peraturan Pemerintah (PP) karantina wilayah untuk mencegah penyebaran virus Corona di Indonesia.

BacaEphorus HKBP Imbau Ibadah Minggu Digelar di Rumah Masing-masing

Mahfud mengatakan, PP ini perlu dikeluarkan lantaran pemerintah tak bisa serta merta menutup satu atau dua wilayah tanpa aturan pasti. Hal ini juga sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Dikatakan Mahfud, karantina wilayah berbeda dengan lockdown. Karantina Wilayah menurutnya adalah istilah lain dari physical distancing atau social distancing yang sekarang dipilih sebagai kebijakan pemerintah.

Share this: