Mengerucut, 2 Nama Ini yang Terkuat Dampingi Jokowi

Share this:
Presiden RI Joko Widodo

Sementara itu, berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrwati paling berpotensi menjadi calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019.

Hasil ini terlihat saat SMRC menyajikan hasil penelitian tentang “Calon Wakil Presiden: Penilaian Elite, Opinion Leader, dan Massa Pemilih Nasional”.

Seperti dikutip dari laman resmi SMRC, survei dilakukan terhadap elite, pembuat opini, maupun massa pemilih nasional/masyarakat umum.

Hasil survei yang dilakukan selama bulan Mei 2018 itu menunjukkan, Joko Widodo, Jusuf Kalla, Mahfud MD dan Sri Mulyani memperoleh skor tertinggi. Penilaian ini dilakukan berdasarkan integritas, kapabilitas, empati, akseptabilitas, dan kontinuitas.

“Dari sekian banyak tokoh yang dinilai berdasarkan lima kriteria kualitas personal, elite menilai Jokowi adalah tokoh dengan skor rata-rata paling tinggi. Setelah Jokowi adalah Jusuf Kalla,” kata CEO Riset SMRC, Djayadi Hanan, Kamis (5/7/2018).

Namun berdasarkan penilaian elite, pembuat opini dan massa pemilih nasional, SMRC menyebut ada dua tokoh dengan skor penilaian tertinggi kualitas personal rata-rata diluar Jokowi, JK dan Prabowo, yaitu Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati.

“Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati konsistensi masuk dalam 5 besar dari penilaian 3 strata masyarakat tersebut,” tandas Djayadi.

Share this: