Amien Rais Nyapres, Gerindra dan PKS Beda Pendapat

Share this:
Ilustrasi Pilpres 2019.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Rencana pencalonan Amien Rais pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tentu jadi polemik bagi Gerindra dan PKS yang sebelumnya disebut-sebut mengusung Prabowo Subianto untuk maju sebagai pesaing Joko Widodo (Jokowi).

Dan, bagi Gerindra, mereka menghormati sikap Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang siap maju jadi capres 2019. Dikatakan bahwa Amien masih memiliki hak untuk maju sebagai capres secara konstitusional.

“Kalau saya menganggap itu hak konstitusi Pak Amien dan PAN. Kita hormati itu,” ujar Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade, Minggu (10/6/2018).

Gerindra juga menilai Amien memiliki kapasitas yang mumpuni. Namun apakah Gerindra siap menyorongkan Amien sebagai capres/cawapres akan dibahas seusai Pilkada Serentak 2018.

(BACA: Mau Bersaing dengan Jokowi? Di TPS Sendiri Saja Amien Rais Kalah)

“Kalau Pak Amien, beliau punya daya tarik luar biasa, punya kapasitas mumpuni dan rekam jejak yang luar biasa. Beliau juga tokoh reformasi,” tutur Andre.

Sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengapresiasi PAN yang ingin mencapreskan Amien Rais. Namun, menurut PKS, alangkah baiknya figur muda yang lebih didorong untuk memimpin bangsa.

“Apresiasi niat mengusung Pak Amien. Usia 74 tahun tentu lebih muda dari usia Dr Mahathir Mohammad yang jadi PM usia 92 tahun. Tapi akan jauh lebih baik jika kita mulai memberikan kesempatan pada yang muda untuk memimpin bangsa,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, Minggu (10/6/2018).

(BACA: Yusril Tak Mau Ikut-ikutan dengan Amien Rais)

PKS sendiri memiliki 9 nama capres/cawapres. Menurut Mardani, kesembilan nama capres/cawapres PKS termasuk ke dalam kategori calon pemimpin muda tersebut.

“PKS sendiri posisi saat ini maju dengan 9 kader untuk posisi capres/cawapres dan siap berkomunikasi politik dengan para pihak dengan prinsip legowo pada semua. Formula kemenangan DKI semua pihak legowo untuk mencari pasangan terbaik,” jelas Mardani.

Sebelumnya, Amien sudah berbicara soal kesiapan dia menjadi capres saat menghadiri buka puasa bersama di rumah dinas Ketum PAN Zulkifli Hasan. Amien merasa siap jadi capres meski sudah berusia 74 tahun dan terinspirasi kemenangan Mahathir Mohammad jadi PM Malaysia.

Share this: