20 Tahun Reformasi, PDIP: Jokowi Terus Kerja

Share this:
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – PDIP merefleksikan peringatan 20 tahun reformasi dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) melalui kinerja Presiden Joko Widodo. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut semangat kerja Jokowi adalah contoh nyata semangat kebangkitan nasional.

“Presiden Jokowi dengan optimisme dan semangat kerja, kerja, kerja, adalah implementasi dari semangat kebangkitan nasional, sehingga terbukti berbagai prestasi telah dicapainya,” ujar Hasto dalam keterangan tertulis, Senin (21/5/2018).

Hal ini dibuktikan lewat berbagai indikator pertumbuhan bangsa yang menunjukkan nilai positif. Di antaranya, sebut Hasto, di bidang sosial, politik, dan ekonomi.

(BACA: Hari Ini 20 Tahun Silam: Ketika Sang Diktator Bertekuk Lutut)

“Sejumlah indikator menunjukkan Indonesia secara umum mengalami perbaikan, baik dari sisi sosial, politik, maupun ekonomi,” sebutnya.

Namun PDIP juga menyadari ada catatan kelam yang mewarnai peringatan dua dekade reformasi ini. Salah satunya ialah rentetan aksi terorisme yang belakangan terjadi.

Menurut Hasto, peristiwa tragedi kemanusiaan itu harus dihadapi dengan narasi rasa cinta Tanah Air.

(BACA: Ketua DPP Gerindra: Amien Rais Bukan Bapak Reformasi, tapi Pecundang)

“Terorisme sebagai ideologi kegelapan harus dihadapi dengan narasi rasa cinta Tanah Air dan menggelorakan kembali kebanggaan pada kebudayaan bangsa. Sebab, keadaban sebuah bangsa sangat ditentukan oleh ekspresi kebudayaannya,” ujar dia.

Terakhir, Hasto mengingatkan semangat kebangkitan nasional akan selalu relevan sepanjang masa. Kebangkitan nasional adalah nasionalisme yang percaya pada kekuatan sendiri, yang menghadirkan optimisme.

Share this: