Operasi Sukses, Penglihatan Mata Kiri Novel Diharap Berangsur Membaik

Share this:
kompas.com
Penyidik KPK Novel Baswedan (kiri) didampingi Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif, tiba di gedung KPK, Jakarta, Kamis (22/2/2018).

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Febri Diansyah membeberkan perkembangan pemeriksaan mata kiri Novel Baswedan.

Penyidik senior KPK itu sebelumnya telah menjalani operasi pemasangan artificial cornea. Namun, mata kiri Novel sempat mengalami perdarahan. Menurut Febri, berdasarkan pemeriksaan pada salah satu Rumah Sakit di Singapura, Sabtu (24/3/2108), hasil operasi Novel berjalan baik.

Mata kiri Novel juga sudah dapat melihat bayangan jari digerakkan dan bayangan tubuh. Meski demikian, proses perbaikan penglihatan mata kiri ini butuh waktu, sebab baru kemarin operasi dilaksanakan.

“Terkait pendarahan di dalam mata yang ditemukan pada operasi kemarin, dokter meminta Novel ke klinik untuk dilakukan USG dan konsultasi dengan dokter ahli retina,” ujar Febri dalam keterangannya, Sabtu (24/3/2018).

Febri melanjutkan, pemeriksaan USG dilakukan di klinik yang sama di Singapura oleh dua dokter ahli. Hasilnya, terlihat ada bekuan darah yang posisinya bukan di retina. Sehingga kondisi retina aman.

“Kondisi ini akan dipastikan kembali pada pemeriksaan-pemeriksaan selanjutnya,” kata Febri. Hanya saja menurut Febri, ada potensi kondisi terburuk terkait pendarahan itu terjadi. Hal itu, jika beberapa minggu ke depan penglihatan Novel masih terganggu atau tidak jelas karena pembekuan darah tersebut.

Share this: