Kado Pahit di Hari Pers, Situs Dewan Pers Diretas

Share this:
Foto screenshoot situs Dewan Pers yang diretas.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Dewan Pers Nasional mendapatkan kado pahit di Hari Pers Nasional 2018. Situs milik Dewan Pers diretas dan tidak bisa diakses sama sekali. Bahkan dalam salah satu subdomainnya, peretas menampilkan gambar wanita berpakaian seksi.

Situs yang diretas beralamat di dewanpers.co.id dan juga ditemukan dalam cache bahwa terdapat beberapa subdomain yang juga diretas, yaitu pendataan.dewanpers.or.id dan pengaduan.dewanpers.co.id.

Praktisi keamanan siber Pratama Persadha menjelaskan bahwa tindakan peretasan model semacam ini akan terus meningkat. Jadi, memang kewaspadaan harus ditingkatkan.

“Untuk mengetahui teknik apa yang dipakai oleh peretas harus ada forensik terlebih dahulu. Namun dari ciri-ciri dan sistem yang diretas, kemungkinan peretas sudah dapat masuk ke panel utama dari domain dewanpers.co.id,” jelas Chairman lembaga riset keamanan siber CISSReC ini, Jumat (9/2/2018).

(BACA: Ini Harapan Djarot di Hari Pers Nasional)

Pratama menambahkan bahwa tiga domain tersebut berada dalam IP (Internet Protocol) yang sama, sehingga ada kemungkinan peretas sudah dapat masuk tidak hanya ke server web, tapi juga ke Operating System server.

Share this: