17 Tokoh Ini Diunggulkan Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

Share this:

Sementara dari kalangan profesional adalah Sri Mulyani (Menkeu), Susi Pudjiastuti (Menteri KKP), Rizal Ramli (ekonom/mantan menteri). Sedanggkan berlatar belakang pengusaha, Chairul Tanjung dan Aksa Mahmud.

Sedangkan calon dari pemimpin daerah TGB Zainul Majdi (NTB) dan Ridwan Kamil (Walikota Bandung).

Menanggapi nama-nama calon wapres tersebut, pengamat politik dari Point Indonesia (PI) Karel Susetyo mengatakan, sejumlah nama yang dimunculkan untuk mendampingi Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang sangat bergantung pada tantangan elektoral yang akan dihadapi oleh Jokowi nanti. Oleh karena itu hanya Jokowi yang mengetahui siapa calon yang tepat untuk mendampinginya dalam Pilpres 2019 mendatang.

“Apalagi besok adalah periode kedua jabatan Jokowi. Posisi Jokowi terhadap parpol pengusung jauh lebih kuat. Sebagaimana terjadi pada SBY di 2009. Siapa yg mengira ia akan memilih Boediono?” paparnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan, jika pemilu presiden memutuskan Jokowi dan Prabowo yang kembali bertarung pada pemilu 2019, maka sejumlah nama yang memiliki potensi menjadi pendamping keduanya telah bermunculan.

Dia menuturkan, pilihan delapan nama yang dianggap cocok mendampingi Jokowi antara lain; Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (17.1%), Gatot Nurmantyo (15.9%), Ridwan Kamil (9.5%), Moeldoko (3%), Puan Maharani (2.8%), Sri Mulyani Indrawati (0.2%), Tito Karnavian (0%), dan Budi Gunawan (0%). Rahasia/belum. (md/htrbt)

Share this: