Strategi Pencegahan Gangguan Keamanan dan Berantas Peredaran Narkotika di Lapas

Share this:
BMG
Suasana acara penguatan oleh Direktur Pengamanan dan Intelijen Dirjen Pemasyarakatan tentang strategi percepatan pencegahan gangguan keamanan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika di rutan/lapas, berlangsung di Aula Soepomo Lantai 5 Kanwil Kemenkumham Sumut, pada Rabu (31/01/2024).

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Jajaran Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara menerima penguatan oleh Direktur Pengamanan dan Intelijen Dirjen Pemasyarakatan tentang strategi percepatan pencegahan gangguan keamanan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika di rutan/lapas. Acara berlangsung di Aula Soepomo Lantai 5 Kanwil Kemenkumham Sumut, pada Rabu, 31 Januari 2024.

Mewakili Kepala Kantor Wilayah Mhd Jahari Sitepu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Rudy Fernando Sianturi, membuka kegiatan secara resmi, menyampaikan data terkini pencegahan gangguan keamanan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika di rutan/lapas selama tahun 2023 di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut, yaitu gangguan kamtib terdapat 14 kejadian.

Gangguan kamtib terdiri dari pelarian, perkelahian antar warga binaan, dan percobaan bunuh diri; penemuan dan penggagalan narkoba terdapat 5 kejadian; dan pengaduan masyarakat terkait pelayanan pemasyarakatan terdapat 27 laporan dan sudah ditindaklanjuti.

“Upaya yang telah dilakukan untuk mengantisipasi gangguan kamtib tersebut antara lain; melakukan monitoring dan evaluasi ke UPT serta memberikan penguatan tugas dan fungsi kepada petugas pemasyarakatan serta melakukan razia dan tes urine kepada petugas dan warga binaan oleh Satopspatnal Kanwil Kemenkumham Sumut,” ujar Rudy Sianturi.

BacaPolisi Gagalkan Penyelundupan 3,18 Kg Sabu Jaringan Lapas Medan

BacaLapas Siantar Panen Lele, Mantap!

Sementara, Direktur Pengamanan dan Intelijen Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Supriyanto dalam arahannya menyampaikan, kondisi SDM Pemasyarakatan saat ini, petugas keamanan berjumlah 25.574 orang, sedangkan jumlah penghuni sebanyak 270.566 orang, dengan rasio perbandingan 1:64.

Jajaran keamanan dan Kamtib Lapas Pematangsiantar mengikuti acara penguatan oleh Direktur Pengamanan dan Intelijen Dirjen Pemasyarakatan tentang strategi percepatan pencegahan gangguan keamanan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika di rutan/lapas, secara virtual via Zoom Meeting di Aula Rapat Lapas Pematangsiantar, Rabu (31/01/2024).

BacaDua Napi yang Kabur dari Lapas Klas IIB Gunungsitoli Ditangkap

BacaTahun Baru Semangat Baru di Lapas Siantar, Pegawai dan Warga Binaan Makan Bersama, Pakai Alas Daun Pisang

Diketahui, kegiatan itu dilaksanakan secara hybrid, secara terpusat berlangsung di Aula Soepomo Kanwil Kemenkumham Sumut pada pukul 13.00 WIB, yang mana dihadiri secara langsung oleh Kalapas Pematangsiantar, M Pithra Jaya Saragih.

Di saat yang sama kegiatan tersebut juga diikuti oleh jajaran keamanan dan Kamtib Lapas Pematangsiantar, secara virtual via Zoom Meeting di Aula Rapat Lapas Pematangsiantar.

Share this: