Dugaan Korupsi Dana Desa Rp1 Miliar, Mantan Kades Loloana’a Idanoi Dilaporkan ke Polisi

Share this:
ADI LAOLI-BMG
Ilustrasi. Mantan Kades Loloana'a Idanoi, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, dilaporkan ke polisi atas kasus dugaan korupsi dana desa Rp1 Miliar lebih.

Kasi Humas Polres Nias: Laporan Sudah Diterima

Selain itu, pada tahun anggaran 2020 hingga 2022 terdapat beberapa kegiatan di bidang pemberdayaan masyarakat desa yang belum dilaksanakan, antara lain: kegiatan pelatihan komputer, pelatihan menjahit, kegiatan penanganan Covid-19. Kemudian, penyelenggaraan posyandu, pemberian makanan tambahan bagi lansia, balita dan ibu hamil serta pemberian obat-obatan.

“Dari laporan keuangan desa tahun anggaran 2020 sampai 2022 telah terealisasi. Namun, kenyataan di lapangan belum dilaksanakan,” bebernya.

Menurut Amoli, selama EB menjadi Kades Loloana’a Idanoi tidak transparan tentang informasi kegiatan, papan informasi APBDes tidak terpampang, serta tidak disosialisasikan kepada masyarakat.

Bahkan, musyawarah desa terkait penyampaian Laporan Pertanggungjawaban kepala desa selama kurun waktu 2017 hingga 2022, tidak pernah dilaksanakan.

“Terkait laporan ini, kami berharap kepada aparat penegak hukum untuk segera memeriksa para terlapor, serta menindak siapa saja yang terlibat sesuai hukum yang berlaku, demi kelancaran pembangunan di desa Loloana’a Idanoi yang tujuannya peningkatan perekonomian masyarakat. Karena selama ini yang menikmati hanya segelintir orang,” harapnya.

BacaKeluarga Korban Lakalantas di Nias Barat, Desak Polres Nias Segera Tetapkan Terduga Pelaku Jadi Tersangka

BacaKajari Gunungsitoli Enggan Ditemui, Pelapor Dugaan Korupsi SMAN 2 Bawolato Kecewa

Terpisah, Kasi Humas Polres Nias Aiptu Yadsen F Hulu SH kepada BENTENG TIMES, Jumat (13/1/2023), membenarkan laporan masyarakat desa Loloana’a Idanoi dalam penyelidikan Sat Reskrim Polres Nias.

“Laporan Dumas ini telah diterima dan saat ini ditangani oleh Unit 3 Sat Reskrim Polres Nias. Masih dalam proses penyelidikan,” pungkasnya.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: