Relawan Alumni Permakan Unpad Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Desa Sirumbia

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Salahseorang relawan alumni Permakan Unpad saat melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 dengan membagi-bagikan selebaran berbahasa Karo di Desa Sirumbia, Kecamatan Simpang Empat, Karo, Jumat (27/3/2020).

KARO, BENTENGTIMES.com– Relawan alumni Persadaan Mahasiswa Karo Universitas Padjadjaran (Permakan Unpad) turun ke Desa Sirumbia, Kecamatan Simpang Empat, Karo, Jumat (27/3/2020), sore sekira pukul 15.00 WIB. Kehadiran alumni Persadaan Mahasiswa Karo Unpad ini dalam rangka melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Sosialisasi mereka lakukan dengan pendekatan budaya dan bahasa. Sehingga penggunaan bahasa dan tulisan mereka lakukan dalam bahasa Karo. Disamping itu, mereka juga membuat wastafel umum atau tempat cuci tangan bagi masyarakat Desa Sirumbia.

Selanjutnya, melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa titik kota dan desa, dengan melibatkan pemuda dan pemerintah setempat.

Masmur Fransiskus Milala, salahseorang Relawan alumni Permakan Unpad, mengatakan, kegiatan pencegahan virus corona sudah mereka lakukan selama sepekan. Ia menyampaikan, kegiatan serupa akan dilakukan selama dua bulan kedepan. Ia mengungkapkan, kegiatan bakti sosial didukung penuh para alumni.

“Seluruh dana yang dibutuhkan dalam kegiatan ini sepenuhnya dari para alumni Permakan Unpad,” ujarnya.

BacaCegah Virus Corona, Warga Desa Lingga Julu Gotong Royong Semprot Pemukiman

Ia berharap, lewat kegiatan yang mereka gagas, maka masyarakat tidak lagi panik menghadapi wabah virus corona atau Covid-19. Menurutnya, masyarakat juga harus diberikan pemahaman istilah yang berkaitan dengan virus corona, seperti OPD (Orang Dalam Pemantauan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

BacaIngat, Ibadah dan Ritual Peribadatan Tidaklah Sama

Kepala Desa Sirumbia Arijona menyampaikan terima kasih atas partisipasi alumni Permakan Unpad atas kesediaan melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 di desanya. Menurut Arijona, kehadiran alumni Permakan Unpad sangat membantu sekali sehingga masyarakatnya paham dan tidak panik di tengah ancaman wabah virus corona yang sedang melanda dunia.

Share this: