Cegah Virus Corona, Warga Desa Lingga Julu Gotong Royong Semprot Pemukiman

Share this:
Warga dan Pemerintah Desa Lingga Julu bergotong royong melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi di desa tersebut.

KARO, BENTENGTIMES.com – Untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona COVID -19, warga Desa Lingga julu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo bergotong royong melakukan penyemprotan ke pemukiman, Selasa (24/3/2020). Alat yang digunakan cukup sederhana, yakni pompa gendong yang biasa digunakan untuk menyemprot pestisida di kebun.

BACA: DPD IPK Karo Semprot Disinfektan di 3 Kelurahan di Kabanjahe dan Kantor Pengadilan Negeri

“Ini adalah inisiatif warga dan pemerintah desa, melakukan penyemprotan walaupun obat disinfektan tidak bisa kami dapatkan. Kami gunakan obat sejenis yang juga bisa membunuh kuman/virus sebagai upaya pencegahan penularan corona,” kata Kepala Desa Pribadi Ginting.

Sementara, Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Rianto Ginting mengatakan, kalau warga terus menunggu pemerintah, pasti akan lama karena peralatan minim. “Makanya kita bersama warga inisiatif menggunakan alat-alat pertanian yang biasa digunakan menyemprot pestisida, yang digunakan untuk membasmi ulat pada sayuran,” ujarnya.

Sementara, Sekretaris Desa Saul Surbakti mengatakan bahwa wabah virus corona sudah sangat berbahaya. Karenanya, pemerintah desa berinisiatif mengajak warga dan seluruh eleman masyarakat untuk melakukan gotong royong. “Puji Tuhan, semua warga sangat mendukung,” ujarnya.

Kegiatan ini melibatkan pemerintahan desa, perangkat desa, Karang Taruna, kepala dusun dari 3 dusun yang ada, BPD dan seluruh elemen masyarakat.

Karang Taruna yang dikoordinir Tanda Ginting mengatakan bahwa malam sebelumnya dirinya sudah melakukan sosialisasi kepada warga desa dengan berkeliling desa dan mengumumkan rencana kegiatan ini menggunakan mikrofon.

BACA: Cegah Penyebaran COVID-19, Objek Wisata di Karo Ditutup Sementara

“Masyarakat juga kita imbau agar menunda melakukan perjalanan ke luar daerah, menghadiri pesta-pesta, untuk sementara tidak menerima tamu dari luar daerah, hindari bersalaman, dan jika ada anggota keluarga yang sakit disertai demam, batuk, sesak nafas agar segera melapor ke tim medis desa atau pemerintah desa. Selain itu, jaga kebersihan dengan rajin cuci tangan, juga jangan langsung percaya berita hoaks. Tetap tenang,” tegas Tanda Ginting.

Share this: