Tujuh Instruksi Kesiapsiagaan Hadapi Virus Corona, Terkelin: Jangan Panik!

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Bupati Karo Terkelin Brahmana (2 kanan) bersama (baca ka-ki) Wakapolres Kompol Hasian Panggabean, Kajari Denny Achmad, Wakapolres Kompol Hasian Panggabean, Asisten II Dapat Kita, dan Kadis Kesehatan drg Irna Safarina Sembiring, dalam Acara Sosialisasi Pencegahan penyebaran virus corona.

KARO, BENTENGTIMES.com– Bupati Karo Terkelin Brahmana mengimbau seluruh masyarakat Karo tidak terpancing berita hoaks dan jangan panik saat mendapat informasi tentang virus corona. Ia menyarankan terlebih mengecek kebenaran setiap informasi tentang virus corona, baik yang diposting di medsos maupun dari mulut ke mulut.

Sekaitan dengan itu, Bupati Terkelin Brahmana kemudian menyampaikan tujuh intruksi kesiapsiagaan guna menangkal penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Ketujuh instruksi tersebut adalah; (1) menyebarluaskan imbauan kepada masyarakat melalui Dinas Komunikasi dan Informasi, agar tetap bersikap tenang, tidak panik, tidak berlebihan membeli kebutuhan dan tidak menimbun bahan kebutuhan pokok serta berperilaku hidup sehat, bersih, dan menjaga kesehatan diri.

(2) Membentuk Tim Terpadu Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Karo maupun di kecamatan masing-masing dengan melibatkan Forkopimda dan instansi terkait. (3) Melaksanakan sosialisasi dan pengendalian risiko penularan infeksi Covid-19 di wilayah masing-masing.

(4) Membuat dan melaksanakan kebijakan teknis peningkatan kewaspadaan risiko penularan infeksi (Covid-19) beserta pencegahan dan pengendaliannya. (5) Menyusun rencana kontijensi bersama Dinas Kesehatan, TNl/POLRI, rumah sakit dan seluruh perangkat daerah terkait.

(6) Meningkatkan kesiapsiagaan rumah sakit rujukan untuk penanganan infeksi Covid-19, termasuk penambahan jumlah tempat tidur, tenaga medis, dan peralatan medis lainnya. (7) Melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan meningkatkan inspeksi dan pemantauan ke pasar dan gudang.

“Langkah ini dalam rangka mencegah potensi penimbunan barang dan harga kebutuhan pokok, termasuk peningkatan koordinasi bersama Asosiasi Pedagang dalam rangka memastikan ketersediaan stok kebutuhan pokok yang memadai dan harga yang terjangkau,” kata Terkelin Brahmana, saat mensosialisasikan Tujuh Intruksi Kesiapsiagaan Menghadapi Virus Corona, bertempat di Aula Kantor Bupati Kamis (12/3/2020), siang sekira pukul 11.00 WIB.

BacaCegah Virus Corona, 83 Orang di Sumut Dikarantina Rumah

Ia mengatakan, ketujuh intruksi itu, sebagai pedoman agar tidak terjadi kesimpangsiuran dalam mendapat informasi terkait cara penyebaran virus corona. Untuk itu, kata Terkelin, jangan percaya berita hoaks yang belum jelas sumbernya ketika ada yang memosting di medsos, terkait virus Corona yang mengatakan ada di sini, ada di situ.

“Ini harus kita bijak, cek ke yang lebih tahu, supaya jangan timbul kepanikan,” ujarnya.

BacaSatu Warga Siantar Diduga Terkena Virus Corona, RSUP Adam Malik: Sudah Dipulangkan

Usai sosialisasi, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Sembiring menambahkan, agar masyarakat tidak perlu panik dan jangan menyebarkan Informasi yang belum tentu benar. Ia berpesan kepada masyarakat agar tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menjaga daya tahan tubuh.

“Jika mengalami demam lebih dari 38’C, batuk, sakit tenggorokan, sesak nafas, kenakan masker dan segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat,” imbau Irna.

Hadir dalam pertemuan itu, Kajari Karo Denny Achmad, Wakapolres Kompol Hasian Pangabean, Asisten II Dapat Kita, Kakan Kesbang Tetap Ginting, Kepala Tata Usaha RSUD Kabanjahe Agnes br Tarigan, Para pimpinan OPD dan ASN.

Share this: