Menkum HAM Apresiasi Proses Evakuasi Napi Rutan Kabanjahe

Share this:
ERIANTO PERANGINANGIN-BMG
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly foto bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Forkopimda Karo, disela-sela melakukan kunjungan ke Mapolres Tanah Karo, Minggu (16/2/2020).

KABANJAHE, BENTENGTIMES.com– Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly mengapresiasi kinerja Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karo dalam penanganan kerusuhan yang terjadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Kabanjahe, Rabu (12/2/2020) kemarin.

“Saya mengapresiasi kerjasama yang sangat baik oleh Forkopimda Karo, sehingga kerusuhan yang terjadi bisa dengan cepat diselesaikan dan tidak ada korban,” kata Yasonna, ketika memantau secara langsung kondisi terbaru Rutan Kabanjahe, di Jalan Bhayangkara, Kabanjahe, Minggu (16/2/2020).

Seperti diketahui, saat kerusuhan Rabu lalu, seluruh warga binaan langsung berhasil dievakuasi beberapa jam kemudian. Warga binaan dievakuasi ke Mapolres Tanah Karo dan sebagian lagi polsek terdekat.

Proses evakuasi warga binaan langsung dilakukan oleh personel Polres Tanah Karo, dan Kodim 0205/TK, serta Yonif 125/Simbisa. Proses evakuasi juga dibantu menggunakan mobil tahanan Polres Tanah Karo, dan Kejaksaan Negeri Karo. Sedangkan pada tahap pemadaman api yang membakar bangunan gedung, Pemda Karo menerjunkan seluruh kekuatan Pemadam Kebakarannya.

BacaYasonna: Dalang Kerusuhan Rutan Kabanjahe Dikirim ke Nusakambangan

Namun, Yasonna tidak bisa menyimpan rasa kekesalannya atas peristiwa yang menyebabkan gedung Rutan terbakar. Ia mengatakan, dalam waktu dekat akan disiapkan fasilitas utamanya, seperti dapur dan ruang administrasi darurat.

“Sehingga nanti tahanan yang saat ini sedang dititipkan di Polres, akan kita kembalikan ke sana,” ucapnya.

BacaRusuh di Rutan Kabanjahe Berawal dari Razia Narkoba, Bah!

Dalam kunjungannya Yasonna disambut Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R Hutajulu, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal, dan unsur Forkopimda lainnya.

Share this: