Lau Timah, Pemandian Alam Segar, Bisa Sembuhkan Berbagai Jenis Penyakit

Share this:
RAMLI AZIZ MELIALA-BMG
Para pengunjung terlihat ramai mandi-mandi di Pemandian Lau Timah, Desa Lau Renun, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi, beberapa waktu lalu.

Ingeten Sembiring Depari (68), selaku pemilik lahan pemandian mengungkapkan jika Lau Timah sudah ada sejak ia masih anak-anak. Air Lau Timah merupakan warisan leluhurnya.

“Dulunya, air ini hanya tempat pemandian keluarga kami. Namun, sekarang kami buka untuk umum. Ada beberapa pengunjung yang bilang sakitnya sembuh setelah mandi di sini. Itu bukan kami yang bilang, tapi para pengunjung,” kata Depari.

Bahkan menurut penuturan pengunjung, sambung Depari, ada juga beberapa warga yang mengambil air Lau Timah untuk menyembuhkan penyakit gondok.

BacaBeringin Berdaun Cemara, Only Two In The World Ada di Pesanggrahan Bung Karno Berastagi

Soal retribusi, Depari menuturkan, pihaknya sama sekali tidak memungut biaya masuk kepada para pengunjung. Hanya saja, para pengunjung diharapkan berbelanja makanan dan minuman yang tersedia di kedai yang ada di sekitar pemandian Lau Timah. Kemudian jarak tempuh, dari Desa Lau Baleng menuju lokasi hanya berkisar 15 menit.

“Tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Tapi ya kalau bisa berbelanja lah di warung yang telah tersedia di sekitar pemandian Lau Timah,” ujar Depari, yang mengaku sebagai generasi ke-9 pewaris mata air Lau Timah.

Share this: