Lau Timah, Pemandian Alam Segar, Bisa Sembuhkan Berbagai Jenis Penyakit

Share this:
RAMLI AZIZ MELIALA-BMG
Para pengunjung terlihat ramai mandi-mandi di Pemandian Lau Timah, Desa Lau Renun, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi, beberapa waktu lalu.

Laporan: Ramli Aziz Meliala-Kecamatan Tanah Pinem

DAIRI, BENTENGTIMES.com– Lau Timah, sebuah pemandian alam terletak di Desa Lau Renun, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi, sedang viral di jagad dunia maya. Pemandian alam yang berbentuk kawah, berdiameter kira-kira 20 x 20 meter ini dengan kedalaman sekira 1,5 meter ini belakangan ramai pengunjung.

Sekilas terlihat pemandian alam Lau Timah ini sama seperti pemandian alam yang ada di sejumlah daerah di Sumatera Utara. Airnya bersih bersumber dari mata air gunung, dengan debit air cukup deras. Warna airnya begitu bening. Sangkin beningnya, air terlihat seperti kebiru-biruan. Bahkan, batu-batu gunung di dasar air terlihat jelas.

Adapun sejarah pemandian Lau Timah ini, awalnya diperuntukan hanya untuk kalangan keluarga. Tapi setelah dibenahi oleh pemilik lahan, warga kampung sekitarnya berdatangan. Akhirnya, tersiarlah dari mulut ke mulut dan lewat postingan-postingan di media sosial (medsos), seperti facebook, keunikan dari pemandian Lau Timah tersebut.

Penasaran, reporter BENTENG TIMES, mendatangi lokasi pemandian Lau Timah, Senin (31/12/2019). Saat tiba, pengunjung sudah ramai di lokasi. Reporter BENTENG TIMES yang sejak awal sudah penasaran kemudian menyebur berbaur dengan pengunjung lainnya.

“Airnya tidak hangat, juga tidak begitu dingin. Sangat menyegarkan,” ujar salahseorang pengunjung.

Belakangan, yang datang ke lokasi itu bukan hanya warga sekitar, melainkan pengunjung dari berbagai daerah, seperti Kabanjahe, Berastagi, Medan dan ada juga yang dari Jakarta. Mereka datang bukan sekadar untuk mandi dan senang-senang. Tapi ada manfaat lain, yakni berharap mendapat kesembuhan akan berbagai jenis penyakit.

Sebagaimana penuturan beberapa pengunjung, air Lau Timah diyakini bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit, dengan cara mandi atau mengambil airnya dan dijadikan rendaman kaki.

BacaDjarot Terkagum-kagum Lihat Keindahan Bukit Lawang: Ya Allah, Indah Sekali…

Seperti yang disampaikan M Sebayang (45), warga Kabanjahe. Sebayang mengungkapkan sejak beberapa kali mandi di Lau Timah, sakit pinggang yang ia idap selama ini sudah sembuh.

“Saya rela datang jauh-jauh dari Kabanjahe. Dan, sekarang sakit pinggang saya sudah sembuh,” ujar Sebayang, usai mandi-mandi di Lau Timah.

Share this: