Kisah Heroik Bayu yang Hadang Pengebom yang Hendak Masuk ke Gereja

Share this:
Rumah duka Aloysius Bayu Rendra Wardhana yang menghadang pelaku pengeboman di Gereja Santa Maria Tak Bercela.

SURABAYA, BENTENGTIMES.com – Aloysius Bayu Rendra Wardhana merupakan salah satu tewas akibat ledakan bom di Gereja Santa Maria Tak Bercela, Surabaya.

Dari sejumlah kesaksian, Bayu sangat berani mencegah agar tidak banyak jatuh korban bom. Ia nekat menghalangi terduga bomber yang mengendarai sepedamotor yang berusaha masuk ke halaman gereja.

“Informasinya seperti itu (menghadang terduga pengebom),” kata ayah Bayu, Siswanto, ketika ditemui di rumah duka, Jalan Gubeng Kertajaya I Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018).

(BACA: Cerita Juru Parkir: Lihat Wanita dan 2 Anak Pakai Rompi Sebelum Ledakan)

Saat ditunjukkan rekaman CCTV yang beredar, Siswanto meyakini anaknya menjadi korban. Namun, Siswanto masih belum banyak bicara karena menunggu jenazah anaknya. “Dari kaos serta posturnya Bayu. Saya nunggu jenazah anak saya dulu,” kata Siswanto.

Sementara itu, seorang teman Bayu bernama Adi juga mengaku mengenal Bayu dari rekaman CCTV itu. Menurutnya, Bayu sempat mendorong terduga bomber itu.

“Itu memang Bayu. Terlihat dia menghadang dan sempat mendorong dan akhirnya meledak,” kata Adi yang mengenal korban 5 tahun lebih.

(BACA: Tambah Lagi, Korban Tewas Bom Surabaya Jadi 10 Orang)

Adi meyakini Bayu menjadi korban dari sosok tubuh dan kaos berkerah warna merah yang dikenakan. “Saya kroscek ke umat lain mantan pengurus muda mudi Katolik, dia adalah Bayu,” ujarnya.

Share this: