Diperiksa Propam karena Diduga Pukuli Anggota, Ini Kata Kapolres Dairi

Share this:
Mantan Kapolres Dairi AKBP Reinhard Habonaran Nainggolan

MEDAN, BENTENGTAPANULI.com – Kapolres Dairi AKBP Reinhard Habonaran Nainggolan diperiksa Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Sumatera Utara (Bid Propam Polda Sumut) atas dugaan pemukulan terhadap dua anggotanya.

Terkait hal ini, AKBP Reinhard Habonaran Nainggolan mengaku kejadian tersebut berawal saat dirinya memanggil petugas piket melalui handy talky (HT). Menurutnya, saat itu petugas tidak ada di tempat.

Baca: Kapolres Dairi Diperiksa Propam, Diduga Pukuli Anggota

Baca: Segerombolan Oknum Polisi di Medan Bikin Onar, Rumah Sakit Milik Bendahara PDIP Diserang

“Terkait kejadian semalam, yang mana 04.00 WIB saya cek personel tidak di tempat, yang mana atas nama Bripka AT yang tidak melaksanakan piket. Kemudian saya mengecek, dan seharusnya tugas itu bukan cuma saya. Tapi rekan rekan saya semuanya di sini. Sebelum saya mengambil tindakan itu, saya apel dulu semua yang piket. Termasuk para kasat,” ujar Reinhard.

“Setelah itu, setelah berkumpul semuanya, saya sampaikan saya panggil kalian 03.00 WIB (melalui HT). Namun enggak ada yang jawab. Jam 04.00 WIB saya panggil lagi enggak ada yang jawab,” tambahnya.

AKBP Reinhard mengaku melakukan apel pergantian petugas piket dan langsung membariskan para anggota yang tidak menjawab saat panggil melalui HT. “Saya apelkan mereka, lalu saya tanya kenapa tidak ada yang menjawab. Jangan sampai terjadi seperti yang kemarin, jam 04.00 WIB saya bunyikan lonceng, ternyata satu orang hilang. Kalau yang hilang tersebut kemana-mana, gimana? siapa yang mau tanggung jawab. Makanya saya mengambil tindakan disiplin,” kata dia.

Menurutnya, saat itu, salah satu anggotanya yang bernama David Sitompul bertanya kesalahan yang telah ia lakukan. “Pada saat saya melakukan tindakan disiplin, yang bersangkutan menyampaikan salah saya apa pak. Salah mu, HT mu itu saya panggil tidak menjawab. Kita cek lah. Kita panggil Citra 1, hidup HT nya. Jadi jangan bilang, salah saya apa pak. Lah saya panggil kamu, kamu enggak jawab. Itu lah klarifikasi dari saya. Jadi jangan tanya salah saya apa,” ujarnya.

Baca: Terlibat Penganiayaan, Oknum Polisi Beking Rentenir Dijatuhi Sanksi Penundaan Gaji dan Naik Pangkat

Baca: Oknum Anggota DPRD Sumut Aniaya Polisi di Lokasi Hiburan Malam

Reinhard menegaskan tidak melakukan pemukulan terhadap tubuh bagian badan saat memberikan hukuman kepada anggotanya. Dia sempat menanyakan kepada salah seorang anggota yang turut menjadi saksi dari kejadian pagi hari itu. “Tindakan disiplin saya tidak ada hubungannya ke badan. Ada gak di sini yang menyaksikan, ada gak saya memukul di bagian badan? Jujur jujur aja kita,” tanya Reinhard kepada anggotanya.

Share this: