Hujan Lebat Guyur Kota Medan, Sungai Deli Meluap, Ribuan Rumah Terendam

Share this:
BMG
Seorang pria dan wanita membawa anak-anak melintasi banjir yang menggenangi permukiman mereka di kawasan Medan Maimun, Kota Medan, Senin (28/2/2022).

Sungai Deli Alami Pendangkalan

Camat Medan Labuhan, Indra Utama menuturkan, separuh wilayahnya terendam banjir akibat luapan Sungai Deli. Bagian sungai yang melintasi wilayahnya tidak mampu menampung curahan air hujan, sehingga meluap.

“Ribuan orang terpaksa dievakuasi ke tempat-tempat yang jauh dari luapan sungai,” kata Indra, Senin (28/2/2022).

Dia merinci, banjir merendam tiga dari enam kelurahan yang ada di wilayahnya; Kelurahan Besar, Kelurahan Martubung, dan Kelurahan Pekan Labuhan. Banjir telah menggenangi 14 lingkungan, dengan 2.586 rumah di tiga kelurahan tersebut.

Dikatakan, hingga kini, banjir belum benar-benar surut di wilayahnya. Titik pengungsian sementara tersebar di kantor-kantor kelurahan, sekolah dan tempat-tempat ibadah.

BacaKemiringan Proyek Drainase di Jalan Masjid Tanjungbalai Tak Jelas, Khawatir Banjir Tidak Teratasi

BacaDua Desa di Mandailing Natal Terendam Banjir, Batahan-Sinunukan Lumpuh

Pemerintah setempat juga telah mendirikan dapur umum bekerja sama dengan BPBD Medan serta menyiapkan berbagai perlengkapan dan kebutuhan logistik warga yang mengungsi.

Pada kesempatan itu, Indra mengungkapkan, jika Sungai Deli telah mengalami pendangkalan, sehingga airnya mudah meluap ketika hujan deras.

Halaman Selanjutnya >>>

Berikut Sebaran Banjir Kota Medan

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: