Anda Petani Hidroponik? Ini 7 Strategi Efektif Pemasaran Produkmu

Share this:
Tanaman hidroponik.

BENTENGTIMES.com – Hidroponik menjadi salah satu solusi bagi mereka yang ingin berkebun tapi memiliki keterbatasan lahan. Ini merupakan teknik menanam sayuran yang dilakukan tanpa menggunakan tanah. Ternyata hasil yang diperoleh dengan teknik hidroponik ini cukup melimpah, terutama ketika pemilik memberikan perawatan pada tanaman-tanamannya secara intensif.

Namun masih banyak petani hidroponik yang tidak mampu memasarkan hasil panennya secara maksimal sehingga hasil panen sayuran hidroponik yang berkualitas dan melimpah tidak tersalurkan dengan maksimal.

Baca: Kisah Ethiopia, Negara yang Sangat Miskin, Kini jadi Surga Pertanian nan Makmur

Baca: Tanam Sayuran di Halaman Kantor, Kadis TPH Sumut: Tempo Dua Bulan, Panen

Berikut beberapa cara pemasaran yang bisa dijadikan alternatif untuk dicoba. Dilansir dari Cermati.com, berikut alternatif cara yang bisa dilakukan:
1. Manfaatkan Koperasi Pertanian
Ini merupakan wadah bagi para petani dalam meningkatkan produksi pertanian mereka. Mulai dari penyuluhan, penyediaan modal (termasuk pupuk dan bibit), hingga menampung hasil panen dan mendistribusikannya. Nah, keberadaan koperasi pertanian ini bisa dijadikan sebagai alternatif cara untuk memasarkan produk pertanian hidroponik. Dengan begitu, langkah pemasaran produk hidroponik akan jadi lebih efektif karena sesuai target.

2. Bergabung dengan Komunitas atau Paguyuban
Selain memasarkan produk hidroponik melalui koperasi pertanian, resto, cafe atau pasar modern bisa jadi alternatif pilihan lainnya untuk pemasaran produk hidroponik. Namun, sebelumnya Anda harus bergabung lebih dulu dengan para pemasok atau supplier. Biasanya, mereka yang menjalin kerja sama dengan resto, cafe atau pasar modern punya paguyuban atau komunitas tersendiri. Komunitas ini nantinya yang menjadi jembatan yang akan menghubungkan pada calon pelanggan.

Baca: Gubsu Resmikan Terminal Modern Pertama di Sumut: Tak Boleh Lagi Ada Petani Miskin

Baca: Duka Pengrajin Keranjang Bambu Desa Ndokum Siroga di Balik Erupsi Sinabung

3. Jual Langsung ke Pasar
Pasar tradisional menjadi salah satu tempat terbaik untuk memasarkan produk hidroponik. Apalagi dari segi tampilan, produk hidroponik memang tampak lebih berkualitas dibandingkan sayuran pada umumnya. Sehingga akan lebih mudah untuk menjualnya secara langsung ke pasar-pasar. Anda, bisa menawarkannya ke penjual di pasar atau pengepul sayur-mayur yang kerap terlihat di pasar tradisional.

Halaman selanjutnya…

Share this: