Asyik! Penerbangan Jakarta-Gunungsitoli Segera Terwujud

Share this:
Bandara Binaka di Kota Gunungsitoli, Kepualauan Nias.

Menurut Bupati, rute penerbangan Jakarta-Nias sangat dibutuhkan agar Kepulauan Nias segera keluar dari keterisoliran, urusan kedinasan dan pembangunan lebih lancar, serta wisata ke depan akan lebih baik.

Selain itu, Sokhiatulo menilai, dari sisi waktu sangat menguntungkan serta ongkos lebih murah dibandingkan selama ini yang harus transit di Medan atau Padang.

“Kepulauan Nias ini kan sudah cukup terkenal sebagai salah satu destinasi wisata andalan di Indonesia, hanya saja akses ke Pulau Nias selama ini kurang. Maka dengan adanya rute baru penerbangan, nantinya Kepulauan Nias akan lebih mudah dijangkau wisatawan dan ini sejalan dengan upaya pemerintah daerah di Kepulauan Nias dalam mengembangkan kepariwisataan,” terangnya.

Terpisah, Branch Manager PT Garuda Indonesia Gunungsitoli-Nias Beni Putra mengatakan, ada beberapa poin kelengkapan Bandara Binaka Gunungsitoli yang harus dipenuhi untuk mendaratkan pesawat berukuran besar jenis jet.

“Kita masih menunggu hasil verifikasi yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan untuk mengetahui kelayakan run way Bandara Binaka, apakah bisa didarati pesawat jenis jet. Karena selama ini jenis pesawat yang sudah mendarat adalah pesawat jenis Avions de Transport Regional (ATR), termasuk bahan bakar pesawat belum ada di Nias,” ujar Beni.

Beni menambahkan, dengan run way Bandara Binaka Gunungsitoli saat ini yang panjangnya 2.250 meter dan lebar 30 meter, seharusnya sudah bisa didarati pesawat jenis Jet. Namun dari sisi kekuatan landasan pacu masih diteliti oleh Kementerian Perhubungan RI.

Share this: