Lima Pernikahan Adat Termahal di Indonesia Yang Fantastis, Termasuk Nias dan Batak

Share this:
BMG
Pernikahan adat Batak.

Adat Batak ini tentunya sudah tidak asing lagi. Suku Batak ini dikenal dengan logat bahasanya yang unik. Tak hanya itu, perlu diketahui faktanya bahwa pernikahan Adat Batak juga mahal loh.

Apa saja sih yang membuat pernikahan adat ini mahal? Salah satunya adalah Sinamot atau sebutan mahar pada pernikahan Adat Batak.

Mahalnya mahar yang harus diserahkan pada pernikahan Adat Batak ini ditentukan oleh tingginya tingkat pendidikan pengantin wanita. Semakin tinggi tingkat pendidikannya, maka semakin mahal juga mahar yang harus diserahkan.

Pernikahan adat Batak Simalungun.

Tak hanya itu, mahalnya mahar juga ditentukan oleh jarak rumah mempelai pria dengan mempelai wanitanya. Wah sangat unik bukan? Jadi jika ingin menikahi perempuan Batak, ini harus dipikirkan juga ya jarak rumahnya.

Kebudayaan yang ada di Suku Sasak, Lombok ini juga masih sangat kental. Keunikan dari Suku Sasak ini salah satunya adalah dari segi bangunan rumahnya. Bangunan rumah yang biasa disebut Bale ini masih ada hingga saat ini.

Selain keunikan itu, pernikahan adat Suku Lombok ini juga tergolong mahal. Sama halnya seperti pernikahan adat pada suku sebelum-sebelumnya.

Besarnya mahar pada pernikahan adat Suku Sasak ini juga tergantung tingginya pendidikan perempuan. Semakin tinggi tingkat pendidikan perempuan, maka semakin tinggi pula mahar yang harus dibayarkan.

Pernikahan pada adat Suku Sasak ini juga memiliki keunikan. Pernikahan adat ini memiliki tradisi yang disebut dengan prosesi Kawin Culik.

Wah, apa sih yang dimaksud kawin culik? Bukan kawin lari ya. Jadi, prosesi kawin culik ini sudah rencanakan sebelumnya oleh sang pria dan perempuan serta kerabat lainnya yang ikut serta.

Suku Sasak, Lombok.

Dalam prosesi kawin culik ini tidak boleh terjadi keributan. Jika hal tersebut terjadi, maka si pria harus membayar biaya keributan tersebut.

Sebelum menikah saja sudah harus rugi dengan membayar uang tersebut. Jadi, harus dipikirkan matang-matang ya sebelum melakukan prosesi kawin culik ini.

BacaKarang Taruna Sada Arih Desa Sirumbia Dilantik, Kenalkan Ini Pengurusnya..

Jadi, dari kelima pernikahan adat tersebut hampir semuanya biaya pernikahan mahal yang dikarenakan karena besarnya mahar yang dibayarkan dimana besarnya mahar tersebut ditentukan oleh pendidikan perempuannya.

Jadi, bagi Anda yang menyukai perempuan dari kelima adat di atas, jangan lupa untuk bekerja keras ya. Selain itu, banyak menabung agar dapat segera mempersunting calon mempelai wanitanya ya.

Share this: