Lima Pernikahan Adat Termahal di Indonesia Yang Fantastis, Termasuk Nias dan Batak

Share this:
BMG
Pernikahan adat Batak.

BENTENGTIMES.com– Pernikahan merupakan suatu hal yang sangat sakral. Semua orang di belahan dunia ini pasti mengimpikan bisa menikah dengan seseorang yang sangat dicintainya. Apapun akan dilakukan oleh pria agar dapat mempersunting wanita idamannya.

Di Indonesia sendiri pernikahan setiap daerah memiliki adat dan ciri khas masing-masing. Hal ini dikarenakan Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, suku, dan adat istiadat yang beragam.

Setiap pernikahan adat pasti memiliki aturan budayanya masing-masing dan terkadang biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti aturan tersebut tidaklah murah. Ada harga yang harus dibayar untuk melaksanakan berbagai ritual adat secara runtut dengan melibatkan banyak orang. Semua hal itu disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing pasangan.

Nah, siapa sangka dengan adanya fakta itu, terdapat pernikahan adat yang cukup menguras isi dompet. Bagi Anda yang belum menikah wajib mengetahui 5 pernikahan adat termahal di Indonesia, mulai dari:

Suku Nias adalah suku yang terletak di kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara. Adat istiadat suku Nias sangatlah kental.

Hal itu terlihat pada adat pernikahannya, sehingga membutuhkan biaya mahal. Bowo atau sebutan mahar dalam pernikahan Suku Nias tergolong sangat mahal.

Mahar ketika proses lamaran saja harus membawa 25 ekor babi, dengan harga seekor babi yang tidaklah murah.

Harga pasaran seekor babi di Indonesia bisa mencapai Rp3 juta. Bayangkan bagaimana jika 25 ekor babi? Bisa mencapai Rp135 juta bukan?

Selain itu, rangkaian acara pernikahan pada pernikahan Suku Nias ini tergolong sangat panjang. Dimulai dari tunangan, kunjungan ke rumah calon mertua, penentuan jujuran, penyerahan mahar, dan rangkaian adat lainnya hingga akhirnya ke pesta pernikahan.

Prosesi pernikahan adat Suku Nias.

BacaViral Kasus Penganiayaan Oknum Polisi dan Purpur Sage, Perdamaian ala Karo

Dalam proses lamarannya saja bisa menghabiskan Rp135 juta untuk membeli 25 ekor babi. Di samping itu ditambah dengan panjangnya serangkaian acara upacara adat pernikahan.

Biaya pernikahan yang harus ditanggung keseluruhan dapat mencapai hingga Rp200 juta, bahkan lebih dari itu. Tak heran jika pernikahan Adat Suku Nias termasuk dalam pernikahan adat termahal di Indonesia.

Share this: