Eksotisme Pulau Mursala jadi Lokasi Film Hollywood

Share this:
Pulau Mursala

Pulau Mursala merupakan pulau terbesar di daerah Kabupaten Tapanuli Tengah. Pulau ini berada di Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah yang terletak di sebelah Barat Daya Kota Sibolga sekitar 22,5 km dari Pandan, Tapanuli Tengah.

Pulau Mursala mempunyai luas ± 8.000 Ha dan dapat ditempuh melalui Pandan atau Sibolga menggunakan kapal cepat dalam waktu sekitar 1 jam atau menggunakan kapal biasa selama 3 jam melintasi Teluk Tapanuli.

Pulau Mursala memiliki perairan dangkal dengan terumbu karang dan aneka jenis ikan termasuk ikan hias disekitar Pulau Jambe.

Terumbu Karang Pulau Mursala

Di pulau ini, akan ditemui air terjun yang langsung jatuh ke permukaan air laut. Menyatunya air tawar dengan air laut. Pemandangan alam yang menakjubkan ini akan membuat siapa saja yang melihatnya terpukau akan keindahannya.

(Baca: Horas Samosir Fiesta Segera Digelar, Angkat Keindahan Danau Toba)

Selain itu Telukan Hunik yang cocok untuk kegiatan menyelam dan snorkeling. Di pulau ini juga terdapat:

  • Batu Garuda atau batu yang menjorok berbentuk burung pada ketinggian ± 70 m di atas permukaan laut di pantai curam Pulau Silabu Na Menek.
  • Bonsai Pinang Merah alam di atas bebatuab curam sekitar Pulau Silabu Na Menek.
  • Gugusan komposisi batu curam di sekitar Pulau Silabu-labu Na Godang.
  • Laguna dengan hamparan pantai pasir putih yang menyatu antara Pulau Silabulabu Na Godang dengan Pulau Kalimantung Na Menek.
  • Hamparan pantai pasir putih di Pulau Puti (Pulau Putih) yang kesemuanya ini sangat berdekatan dengan Pulau Mursala.

Air Terjun Pulau Mursala

Lokasi Syuting Film King Kong 2005

Siapa sih yang tak tahu film King Kong!! Film bercerita tentang kisah asmara makhluk raksasa Kong yang memiliki keterikatan batin dengan Ann Darrow (Naomi Watts). Yang menarik dari film ini adalah latar syuting yang digunakan sang sutradara.

King Kong 2005

Film Hollywood yang rilis tahun 2005 ini menggunakan Pulau Mursala, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara sebagai lokasi awal penemuan Kong, dan beberapa warga pribumi yang mendiami pulau tersebut. Dalam film, pulau ini disebut sebagai Pulau Tengkorak alias Skull Island.

Bagi kamu traveler, kunjungilah pulau ini untuk menikmati eksotisme alamnya.

Share this: