Danau Linting, Pesona Alam dari Deli Serdang

Share this:
Istimewa
Danau Linting di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Deli Serdang.

DELI SERDANG, BENTENGTIMES.com – Ketika berbicara tentang danau yang ada di Sumatera Utara, barangkali Danau Toba yang selalu diperbincangkan. Dengan pesonanya Danau Toba sudah terkenal hingga ke manca negara.

Ternyata selain Danau Toba, ada beberapa danau di Sumatera Utara yang mungkin masih asing bagi sebagian orang salah satunya Danau Linting.

Danau Linting terletak di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Deliserdang yang juga terhubung dengan 3 desa yaitu Desa Sibunga-Bunga, Desa Gunung Manumpak dan Desa Durian VI Mbelang.

Air di danau ini berwarna hijau pirus (turqoise) dengan kandungan belerang yang cukup tinggi, ini dapat diketahui ketika mencium aroma air danau yang kita ambil.

Kedalaman yang dimiliki Danau Linting hingga saat ini belum diketahui dan masih misteri, sehingga masyarakat sekitar menyimpulkan kalau danau ini tidak berdasar.

Menurut warga setempat Danau Linting dipercaya dulunya hanya berupa bukit biasa. Suatu ketika bukit tersebut bergetar hebat dan meletus hingga berbentuk cekungan yang dengan cepat terisi oleh air dan menjadikannya sebuah danau.

Untuk mencapai lokasi danau cukup mudah, dan dikenakan tarif masuk. Fasilitas disekitar danau masih seadanya hanya ada warung-warung yang didirikan warga sekitar.

Share this: