Pemain Belakang Antar Prancis ke Final Piala Dunia 2018

Share this:
Samuel Umtiti merayakan golnya ke gawang Belgia.

RUSIA, BETENGTIMES.com – Tim Nasional Prancis akhirnya melangkah ke final Piala Dunia Rusia setelah pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Saint Petersburg, Rabu (11/7/2018) dini hari, mengalahkan Belgia oleh gol pemain belakang, Samuel Umtiti.

Pada laga yang dipimpin wasit Andres Cunha itu, kedua tim menurunkan semua kekuatan terbaiknya. Prancis tampil dengan trisula berbahayanya: Kylian Mbappe-Antoine Griezmann-Olivier Giroud, sementara Belgia menurunkan trio pemain cepat Kevin De Bruyne-Eden Hazard-Romelu Lukaku.

Di menit 6, Belgia sudah memberikan ancaman lewat Eden Hazard. Namun sayang crossing-nya tidak mampu dimanfaatkan oleh Lukaku yang memang tampil buruk pada laga ini.

Sepanjang babak pertama itu, Belgia lebih sering memberikan ancaman. Mereka yang menguasai lini tengah banyak mendapat peluang terutama lewat pergerakan Hazard namun kurang dalam penyelesaian akhir.

Belgia terus menggempur pertahanan Prancis. Setelah peluang Hazard, giliran bek Toby Alderweireld yang mendapat kesempatan emas namun tendangan bek Tottenham Hotspur itu di menit 22 digagalkan Lloris.

Prancis mendapat momentum di 15 menit terakhir. Memanfaatkan kecepatan Mbappe dan Griezmann, pasukan Didier Deschamps menggempur pertahanan Belgia yang dikomandoi Vincent Kompany lewat serangan balik yang cepat.

Bek kanan Prancis, Benjamim Pavard mendapat peluang emas di menit 40, namun sepakan mendatarnya dihalau kaki kiper Belgia, Thibaout Courtois.

Meski kedua tim saling serang, tidak ada gol di babal pertama. Skor Prancis vs Belgia masih 0-0 di paruh pertama.

Masuk babak kedua giliran Prancis yang langsung mengambil alih serangan. Taktik serangan kejut Prancis berhasil.

Dan akhirnya Samuel Umtiti berhasil menjebol gawang Courtois di menit 51 memanfaatkan sepak pojok Griezmann. Maroune Fellaini yang menjaga Umtiti kalah cepat mengantisipasi umpan silang Griezmann.

Mengejar ketertinggalangol, pelatih Belgia Roberto Martinez memasukkan Dries Mertens menggantikan Dembele. Belgia mencoba melakukan taktik mengirim umpan silang sebanyak-banyaknya dari sisi kanan dan kiri, namun strategi ini belum juga membuahkan hasil.

Dan, peluang terbaik didapat di menit 82 lewat tendangan Axel Witsel, tapi masih bisa ditepis Lloris. Hingga pluit terakhir dibunyikan, kedudukan tetap 1-0 untuk Prancis dan berhak melaju ke babal final menunggu pemenang Inggris vs Kroasia.

Share this: