Brazil vs Belgia: Duel Kandidat Terkuat

Share this:
Pertandingan perempatfinal Piala Dunia 2018 antara Brazil vs Belgia.

RUSIA, BENTENGTIMES.com – Bukan tanpa alasan duel Brasil versus Belgia di Nizhny Novgorod, Sabtu (7/7/2018) dini hari WIB disebut-sebut sebagai partai yang paling ditunggu di perempat-final Piala Dunia 2018.

Ini adalah perjumpaan antara kandidat juara terkuat dan kuda hitam terkuat di Rusia 2018. Kedua tim punya kualitas pemain yang mirip dan merata di setiap lini. Tidak salah untuk menyebut laga Brasil dan Belgia ini sebagai sebuah final kepagian.

“Satu-satunya perbedaan (antara Brasil dan Belgia) adalah, kami belum pernah memenangi Piala Dunia. Sesimpel itu,” kata juru taktik Belgia Roberto Martinez dalam jumpa pers jelang laga.

Sebagai juara dunia lima kali, Brasil disadari Martinez menjadi favorit di pertandingan ini. “Jika Anda belum tahu caranya memenangi sebuah turnamen, maka Anda tidak punya keuntungan,” lanjutnya.

Apakah Belgia akan mampu menghentikan langkah Brasil dan menjadi juara baru? Bagi Martinez, jawabannya adalah ya. Bagi generasi emas Belgia, tidak ada cara lain yang lebih bagus untuk memamerkan potensi sejati mereka selain dengan menyingkirkan Brasil.

“Ada sesuatu yang spesial dari skuat ini, tak perlu diragukan lagi. Sudah ada tanda-tanda positif menuju ke sana dan semangat tim juga sedang membumbung tinggi. Kami tidak sabar, kami sangat siap. Selama dua tahun terakhir, kami telah bekerja keras untuk mencapai momen seperti ini,” seru Martinez.

Meski punya kans untuk mengalahkan Brasil, Belgia tidak boleh terlalu percaya diri. Laga 16 besar melawan Jepang yang berakhir superdramatis seharusnya bisa dijadikan pelajaran penting. Melawan Brasil, defisit 2-0 bakal nyaris mustahil untuk dibalikkan oleh Eden Hazard dkk.

Brasil era TIte telah sukses mengusung sepakbola seimbang. Bukan hanya berani bermain cantik dengan memamerkan tarian Samba nan elok, mereka berani tampil pragmatis jika diperlukan. Terbukti Selecao tak terkalahkan dan baru kebobolan tiga gol dari 15 laga terakhir.

Hanya saja, Brasil tetap harus berhati-hati menghadapi serbuan serangan Belgia. Kembalinya Marcelo dari cedera bisa menjadi pisau bermata dua. Memainkan Marcelo yang berkarakter lebih ofensif ketimbang Filipe Luis berpotensi menyisakan ruang kosong di sisi kiri.

Terlebih, Brasil bakal tidak diperkuat Casemiro karena akumulasi kartu dan posisinya akan digantikan Fernandinho. Belgia bisa mengeksploitasi kelemahan ini untuk mewujudkan mimpi lolos pertama kali ke semi-final Piala Dunia sejak 1986.

Prakiraan Pemain:

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Fagner, Thiago Silva, Miranda, Filipe Luis; Fernandinho, Paulinho; Willian, Philippe Coutinho, Neymar; Gabriel Jesus

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Vincent Kompany, Toby Alderweireld; Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Yannick Carrasco, Thomas Meunier; Dries Mertens, Eden Hazard; Romelu Lukaku.

Share this: