Kuasai Lini Tengah!

Share this:
Diego Godin dan N'golo Kante

RUSIA, BENTENGTIMES.com – Setelah melewati adangan timnas Argentina dalam drama tujuh gol, Prancis di perempat final Piala Dunia 2018 akan mendapat tantangan dari negara Amerika Selatan lainnya, Uruguay, yang memiliki kesolidan lini tengah dan pertahanan.

Di Piala Dunia 2018 ini, Uruguay adalah salah satu tim dengan catatan pertahanan terbaik, yaitu baru kebobolan satu gol ketika menang 2-1 melawan Portugal di babak 16 Besar.

Dari delapan negara yang masih tersisa di perempat final Piala Dunia 2018, hanya Brasil yang memiliki catatan serupa. Lebih mengesankan lagi, Uruguay melakukannya tanpa bermain terlampau kasar, keras, atau menciptakan pelanggaran-pelanggaran yang tak perlu.

Baru satu kartu kuning yang dikoleksi Luis Suarez dan kawan-kawan dari empat laga yang telah mereka lakoni, terbaik di antara tim lainnya.

Salah satu faktor pendukungnya adalah demikian seringnya lini pertahanan Uruguay bermain bersama-sama. Diego Godin, Jose Gimenez, Diego Laxalt, Martin Caceres, serta Fernando Muslera jika dijumlahkan telah tampil 350 kali dalam balutan seragam Uruguay.

Bahkan, Muslera, Godin dan Caceres telah bermain ketika Uruguay merebut Copa America 2011 — dengan Tabarez menjadi arsitek.

Ini tentu menjadi keunggulan, mengingat hanya ada minim waktu berlatih bagi para pemain di level internasional. Semakin sering bermain berarti semakin padu dalam menerapkan taktik racikan sang pelatih, terutama bagi lini pertahanan yang memang membutuhkan koordinasi tingkat tinggi.

Menghadapi Prancis, lini pertahanan Uruguay ini akan diuji oleh kecepatan para pemain depan Les Bleus.

Seperti yang diperlihatkan dalam laga melawan Argentina, Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann sangat mematikan ketika menyerang balik secara cepat, sementara Olivier Giroud pun pintar dalam memberikan tekanan kepada dua bek tengah, sehingga bisa tercipta ruang bagi lini kedua Prancis untuk masuk ke kotak penalti.

Selain itu Prancis juga punya duet lini tengah yang sangat kokoh dalam sosok N’Golo Kante dan Paul Pogba. Bukan hanya keunggulan fisik, baik Kante dan Pogba merupakan pengatur bola yang piawai, dan juga punya umpan lambung akurat yang sangat efektif dalam serangan balik untuk memanfaatkan kecepatan Mbappe dan Griezmann.

Mematikan pergerakan Kante dan Pogba akan berarti penting bagi Uruguay jika ingin memutus serangan-serangan Prancis.

Tabarez sendiri tampaknya akan memainkan pressing ketat kepada para pemain Prancis untuk mematikan sengat lini serang mereka. Ini bisa berarti Uruguay yang bermain defensif dengan penjagaan zona kepada para pemain Prancis.

“Jika Anda membiarkan Prancis mendapatkan ruang, maka pertandingan akan berjalan sangat sukar,” kata Tabarez dalam konferensi pers seusai memastikan satu tiket ke perempat final.

Tabarez juga menyatakan tak bermasalah jika bola lebih dikuasai Prancis.

Share this: