Tanpa Salah, Mesir Kalah

Share this:
Para pemain Uruguay merayakan gol ke gawang Mesir di menit akhir pertandingan.

RUSIA, BENTENGTIMES.com – Perjuangan Mesir untuk menahan serangan demi serangan para pemain Uruguay kandas oleh gol Jose Gimenez di menit 89. Mesir pun harus rela berada di peringkat 3 klasemen Grup A Piala Dunia Rusia 2018 bersama Arab Saudi yang sebelumnya dibantai Rusia dengan skor 5-0.

Pada pertandingan kedua Grup A, Jumat (15/6/2018) di Ekaterinburg Arena, meski tampil tanpa Mohamed Salah, para pemain timnas Mesir terlihat mampu menguasai pertandingan. Namun, serangan mereka tak efektif, dan bola jarang mengalir ke barisan pertahanan Uruguay.

Justru, Uruguay yang sesekali mengendalikan bola, mampu memperlihatkan serangan. Seperti di menit ke-7, Edinson Cavani mencoba menerobos kotak penalty lawan, namun berhasil diatasi oleh Ali Gabr.

Semenit berikutnya, Cavani kembali mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan ke gawang Mesir, namun Mohamed El Shenawi mampu menyelamatkan gawangnya.

Selebihnya, Mesir mampu mengendalikan permainan. Namun, mereka tetap tak menunjukkan serangan efektif dan hanya menguasai bola di tengah lapangan.

Begitu juga Uruguay, mereka terlihat tak mampu bermain atraktif karena putusnya aliran bola dari gelandang ke striker. Untuk masuk ke barisan pertahanan Mesir pun mereka kesulitan. Barisan pertahanan Mesir yang disiplin membuat para bintang Uruguay, seperti Cavani dan Suarez, tak berkutik.

Dan, sepanjang babak pertama, kedua tim minim peluang dan kedudukan berakhir tanpa gol.

Di babak kedua, kedua tim mulai meningkatkan serangan. Kali ini, Uruguay yang mengendalikan permainan. Banyak peluang yang tercipta sepanjang babak kedua. Namun barisan pertahanan Mesir sangat rapi sehingga pemain Uruguay tampak frustrasi mengalirkan bola ke kotak penalty lawan.

Sementara, Mesir hanya mengandalkan serangan balik. Para pemain Uruguay sering kerepotan meladeni serangan balik The Pharaoh.

Kesempatan terbaik Uruguay didapatkan di menit 73, saat kerja sama Cavani-Suarez mampu merepotkan barisan pertahanan Mesir. Namun Suarez yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Mesir gagal memanfaatkan peluang. Mohamed El Shenawi mampu mengamankan bola dari kaki Suarez.

Kesempatan terbaik Mesir datang di menit 79 melalui serangan balik. Mahmoud Kahraba membawa bola ke sisi kanan pertahanan Uruguay. Dia langsung mengoper bola mendatar kea rah gawang yang ditinggal oleh para pemain bertahan Uruguay. Namun, Caceres mampu menjadi pahlawan dengan memblok operan Mahmoud Kahraba.

Di menit 83, Uruguay kembali mendapatkan peluang emas lewat tendangan voli Cavani. Lagi-lagi penampilan gemilang Mohamed El Shenawi mampu menyelamtkan Mesir dari kekalahan.

Kembali Cavani mengancam lewat tendangan bebasnya di menit ke-89, namun tendangannya membentur mistar gawang. Bola liar pun diperebutkan kedua tim, hingga akhirnya Uruguay mendapatkan tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Mesir.

Di sinilah petaka bagi Mesir datang, dimana umpan manis dari Carlos Sanchez disundul oleh Jose Gimenez dan mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Uruguay.

Share this: