Ini Perjalanan Karir Pelatih Dadakan Timnas Spanyol

Share this:
Fernando Hierro

MOSKOW, BENTENGTIMES.com – Dunia tengah tercengang oleh kabar mengejutkan dipecatnya Julen Lopetegui dari kursi kepelatihan Timnas Spanyol. Dan, penggantinya adalah Fernando Hierro. Namun penunjukan ini hanya solusi sementara untuk Spanyol menghadapi Piala Dunia 2018.

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) pada Rabu (13/6/2018) siang waktu setempat atau sore hari WIB, mengambil keputusan mengejutkan dengan memecat Julen Lopetegui. Pemecatan ini disebabkan sang pelatih menjalin kesepatakan dengan Real Madrid, tanpa sepengetahuan RFEF.

Padahal Lopetegui memiliki ikatan kontran dengan RFEF sampai 2020 untuk menangani timnas Spanyol. Dikabarkan RFEF baru tahu 5 menit sebelum Real Madrid mengumumkan Lopetegui sebagai pengganti Zinedine Zidane.

Fernando Hierro lebih dipilih RFEF ketimbang Albert Celades. Itu karena Celades sekarang berstatus sebagai pelatih timnas U-21 Spanyol. Sedangkan Fernando Hierro adalah Direktur Teknik RFEF, sehingga lebih pas dibandingkan Celades.

Fernando Hierro hanya memiliki pengalaman singkat sebagai pelatih. Ia pernah menangani Real Oviedo. Debut Hierro sebagai pelatih Spanyol akan dijalani saat menghadapi Portugal, dalam laga pertama Grup B Piala Dunia 2018, Jumat nanti.

Dalam kariernya, Fernando Hierro mengawali dunia kepelatihan dengan menjadi Direktur Olahraga Malaga CF pada Juli 2011. Di jabatan itu Ia hanya bertahan satu tahun. Hierro baru aktif lagi pada 2014 dengan menjadi asisten pelatih Carlo Ancelotti di Real Madrid.

Ia mengisi posisi yang ditinggalkan Zidane ke Real Madrid Castilla. Dua tahun kemudian Fernando Hierro mencoba tantangan sebagai pelatih Real Oviedo. Klub itu bermain di kompetisi kasta kedua Spanyol. Tapi kegagalan di play-off promosi pada 14 Juni 2017, membuat Hierro angkat kaki.

Setelah itu pada 27 November 2017, Hierro menerima jabatan sebagai Direktur Olahraga di timnas Spanyol atau RFEF. Dan, seperti diketahui sekarang Hierro dipercaya mengisi kursi yang ditinggalkan secara paksa oleh Lopetegui di timnas Spanyol.

Share this: