Cedera, Alves Terpaksa Absen di Piala Dunia

Share this:
Dani Alves

PARIS, BENTENGTIMES.com – Kabar buruk datang menimpa Tim Nasional (Timnas) Brasil. Full-back kanan andalan mereka, Dani Alves, dipastikan absen di Piala Dunia 2018 karena menderita cedera anterior cruciate ligament (ACL).

Cedera tersebut diderita Alves saat membela Paris Saint-Germain di laga final Coupe de France menghadapi Les Herbiers pada Rabu (9/5/2018) lalu. Atas cedera tersebut, eks pemain Barcelona itu harus menjalani operasi.

Nah, setelah dipantau kondisinya oleh tim medis Timnas Brasil, Alves diketahui memerlukan masa pemulihan yang panjang, sehingga harus absen di Piala Dunia 2018. Hal ini jelas sebuah kerugian besar bagi Selecao.

“Pemeriksaan menyimpulkan ketidakmungkinan memanggil Daniel Alves untuk Piala Dunia. Seluruh tim Timnas Brasil berharap Alves segera pulih, sehingga kemampuan dan kepemimpinannya bisa segera kembali ke Amarelinha sesegera mungkin,” tulis pernyataan Federasi Sepak Bola Brasil (CBF).

Sejauh ini, Alves merupakan pilihan utama Tite untuk mengisi sisi kanan pertahanan Selecao. Karenanya, pelatih berusia 56 tahun itu harus memutar otak untuk mencari pengganti yang tepat bagi sosok Alves. Sebab, tak ada nama yang sekonsisten dirinya saat ini.

Selain itu, pengalaman dan kepemimpinan yang dimiliki Alves juga akan menjadi kehilangan besar bagi Timnas Brasil. Dengan 107 penampilan yang dimilikinya, pemain berusia 35 tahun itu adalah salah satu sosok paling senior di tim saat ini.

Dua nama yang kemudian muncul menjadi kandidat paling kuat untuk menggantikan Alves sejauh ini adalah Danilo dan Rafinha. Namun, poin minusnya, kedua pemain itu bukanlah pilihan utama di klubnya masing-masing.

Danilo kalah dari Kyle Walker di pos full-back kanan Manchester City, sedangkan Rafinha hanya menjadi pelapis bagi David Alaba atau Joshua Kimmich di Bayern Muenchen. Pengalaman keduanya di level internasional juga jauh di bawah Alves.

Brasil memang masih memiliki Fagner yang tampil cukup konsisten bersama Corinthians. Namun, bek berusia 28 tahun itu minim jam terbang di kompetisi besar, terutama di level internasional. Karenanya, menarik untuk menantikan siapa yang bakal dipilih Tite untuk menggantikan Alves di Rusia, Juni nanti.

Share this: