Kemacetan di Kawasan Danau Toba Diperkirakan Berlanjut Hingga Hari Minggu

Share this:
Antrean kendaraan memanjang di Pekan Tiga Raja, Parapat.

SIMALUNGUN, BENTENGTIMES.com – Antrean panjang kendaraan masih terlihat di sepanjang kawasan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di kawasan Danau Toba yang mencakup Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dan Simalungun, Sabtu (16/6/2018).

Dan, antrean panjang seperti ini diprediksi bakal berlanjut sampai Minggu (17/6/2018) karena pada gari itu masyarakat akan semakin ramai memanfaatkan momen liburan.

“Kemacetan akibat arus balik sudah mulai dilakukan masyarakat yang memadati lokasi pariwisata di Parapat dan Samosir. Masyarakat mulai balik ke arah Siantar sampai ke Kota Medan,” ujar Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendri ND Barus.

Hendri mengatakan, pihaknya turun membantu mengurai arus balik masyarakat. Setiap petugas Satlantas ditempatkan melakukan pengamanan di sepanjang Jalinsum, khususnya di kawasan jalan yang rawan kemacetan.

“Arus balik masyarakat pemudik pun dipastikan lebih padat lagi saat Minggu (17/6/2018). Kita minta masyarakat untuk tidak berhenti sembarangan, sehingga kemacetan di sepanjang jalanan bisa dihindari. Kalau berhenti sembarangan mengakibatkan kemacetan,” katanya.

Menurutnya, kepadatan kendaraan diprediksi mulai terjadi di siang hari sampai menjelang malam. Untuk mengantisipasi kemacetan panjang maka dilakukan rekayasa lalu lintas, mengutamakan masyarakat melalui jalan utama menuju Siantar.

“Untuk masyarakat pengguna kendaraan yang menuju Tobasa maupun Parapat, kita buat jalur alternatif. Semoga tidak ada kendala kita dalam menangani arus balik nanti,” sebutnya.

Share this: