3 Ha Hutan di Tobasa Terbakar

Share this:
Ilustrasi kebakaran hutan.

TOBASA, BENTENGTIMES.com – Hutan seluas 3 hektare di Sibuntuon, Dusun Nainggolan Parsuratan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), terbakar, Rabu (13/6) sekitar pukul 16.30 WIB. Diduga, penyebab kebakaran hutan diduga akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Tobasa Herbet Pasaribu, Rabu (13/6/2018) mengatakan, hutan dan lahan yang terbakar sampai saat ini sudah sekitar 3 hektare dan belum dipastikan penyebab kebakaran, tapi masyarakat sering membuka lahan di hutan Sibuntuon.

Disebutkan, saat ini, ia bersama anggotanya masih berkonsentrasi untuk memadamkan agar tidak merambat ke pemukiman penduduk. Pihaknya juga sudah berkordinasi dengan KPH Wilayah IV untuk memadamkan api.

“Kita masih melakukan penjagaan di beberapa titik api agar tidak merambat ke perkampungan. Kondisi hutan yang terbakar sangat terjal, untuk memadamkan api kita mengalami kesulitan. Tapi yang pasti, api tidak akan merambat hingga ke rumah warga,” terangnya.

Share this: