Kodim 0213/Nias Gelar Gladi Posko Penanggulangan Bencana Alam

Share this:
Kodim 0213/Nias menggelar gladi posko Tahun 2018 dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam, 4-6 Juni 2018.

GUNUNGSITOLI, BENTENGTIMES.com – Kodim 0213/Nias menggelar gladi posko Tahun 2018 dengan mengusung tema “Kodim 0213/Nias siap melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam”.

Gladi posko yang digelar selama 3 hari, dari 4-6 Juni 2018 itu sebagai upaya menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam. Pada hari kedua, 5 Juni 2018, perwira staf memberikan saran kepada Dandim 0213/Nias Letkol Inf Reymon Raja Sulung Purba SHan.

Pertama, perwira intelijen memberikan informasi tentang dampak negatif terjadinya bencana alam (gempa dan tsunami) dan selalu berkoordinasi dengan BMKG tentang kondisi cuaca serta berkoordinasi dengan pihak kepolisian tentang keamanan dan ketertiban.

Kemudian, perwira personel memberikan informasi tentang personel TNI, Polri dan ormas yang siap melaksanakan tugas perbantuan untuk menanggulangi bencana alam.

Perwira logistic memberikan informasi tentang material dan koordinasi dengan dinas kesehatan, dinas perhubungan, dinas PU dan peran pemerintah daerah.

Sementara perwira teritorial memberi informasi tentang kondisi geografi, demografi dan kondisi sosial akibat dampak bencana alam lalu perwira operasi memberi informasi tentang kekuatan pasukan yang akan digerakkan di lapangan dan untung rugi setiap cara bertindak.

Dandim 0213/Nias Letkol Inf Reymon Raja Sulung Purba SHan mengatakan, gladi posko bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“Tujuan lainnya adalah untuk membuat satuan lebih siap dan bisa menganalisa dan mencarikan jalan terbaik untuk mengatasi suatu permasalahan di wilayahnya,” tutup Dandim .

Share this: