Tak Terbukti Rakit Bom, Budi Sinaga Dibebaskan Densus 88

Share this:
Budi Sinaga

TANJUNGBALAI, BENTENGTIMES.com – Budi Sinaga (34), terduga teroris yang sempat diamankan di Kota Tanjungbalai, akhirnya dipulangkan Densus 88 karena tidak terbukti terlibat aksi teror.

Dia kini telah berada di rumahnya di Beting Kuala Kapias, Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Senin (21/5/2018) malam. Dia diantar pulang beberapa petugas kepolisian, setelah 7 hari ditahan di Mako Brimob Polda Sumut di Medan.

Namun, dua saudara Budi bernama Beni dan Syaiful belum dipulangkan. Begitu pula dengan Julian, tetangga mereka.

Syaiful dan Beni mengalami luka tembak setelah diterjang timah panas petugas pada saat penangkapan Senin (15/5/2018) lalu. Mereka masih dirawat di RS Bhayangkara Medan. Syaiful dikabarkan dalam kondisi kritis.

(BACA: Selain Senpi dan Bom, Polisi Juga Temukan Buku Ini di Rumah Terduga Teroris Tanjungbalai)

Kepulangan Budi disambut hangat keluarga dan tetangganya. Rumah mereka penuh. Tidak ada yang khawatir pria itu terlibat dalam jaringan pelaku teror.

Budi mengaku mendapat tindak kekerasan selama penangkapan dan penahanan. “Polisi mengaku mereka dari kepolisian menangkap saya karena saya diduga melakukan tindak kriminal, yakni membuat bom untuk aksi terorisme,” katanya kepada wartawan.

Padahal, dia tidak terlibat sama sekali dengan kelompok teroris mana pun. Dia pun akhirnya dibebaskan.

“Alasan mereka, setelah ditahan 7×24 jam saya tidak terbukti melakukan tindak kriminal yakni membuat bom, sehingga saya dilepaskan,” ungkapnya.

Budi berharap aparat keamanan merehabilitasi namanya. “Saya ingin nama saya dibersihkan,” kata pria yang sehari-hari bekerja sebagai teknisi elektronik ini.

(BACA: Cerita Kepling Korban Serangan Teroris di Tanjungbalai: Tangkis saat Ditebas, 3 Jari Nyaris Putus)

Sementara, Beni dan Syaiful, terutama Syaiful, sempat dikabarkan meninggal dunia ditembak polisi. Dalam video yang beredar di media sosial, dua orang yang diduga adalah kedua pria ini, terkapar di jalan. Sementara petugas bersenjata tampak sibuk di sana.

Pada rilis yang diunggah akun resmi Polda Sumut tertera bahwa 2 orang tewas dalam penangkapan di Tanjungbalai, pekan lalu. Namun tidak diinformasikan siapa yang tewas.

Awalnya Syaiful dan Beni yang diduga tewas. Namun Budi memastikan keduanya masih menjalani perawatan.

Lebih rinci, pada grafis yang diunggah akun itu disebutkan Densus 88 berhasil menangkap 3 terduga teroris di Tanjungbalai. Dinyatakan pula penangkapan itu diwarnai baku tembak. Dua orang terduga teroris disebutkan tewas karena melawan, sedangkan salah satunya ditembak pada bagian kaki dan diamankan.

Tertera kutipan dari Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw yang membeberkan “Penangkapan dilakukan pada hari ini pada Selasa 15 Mei 2018. Penangkapan pertama dilakukan kepada terduga teroris atas nama Dodi di Tanjungbalai. Penangkapan kedua terjadi pada pukul 12.00 WIB terhadap terduga teroris atas nama Agus Setiawan Sirait di Jalan Yos Sudarso, Teluk Nibung. Sedangkan penangkapan ketiga atas nama Hendra di dekat RSUD dr Tengku Masyhur, Sumatera Utara.”

Seperti halnya setelah penangkapan pekan lalu, Polda Sumut juga enggan berkomentar soal pembebasan Budi. Kabid Humas Polda Sumut AKBP Tatan Dirsan Atmaja mengaku tidak tahu informasi itu.

(BACA: 7 Terduga Teroris Ditangkap di Asahan dan Tanjungbalai, 1 Perempuan, 2 Tewas)

“Jadi kami tidak tahu tentang informasi tersebut. Kami juga mengetahuinya juga dari media, berhubung penindakan tersebut yang melakukan adalah Densus 88, berkenan konfirmasinya ke Densus 88 atau Mabes Polri,” jawabnya saat dikonfirmasi, Selasa (22/5/2018).

Dari rentetan informasi yang beredar terdapat sejumlah nama yang mucul dari penangkapan di Tanjungbalai. Selain Budi, Beni, Syaiful, dan Julian, juga ada nama Dodi, Agus Setiawan Sirait dan Hendra.

Siapa saja atau jumlah pasti yang diamankan dan diduga terlibat dalam aksi terorisme belum dijelaskan pejabat kepolisian terkait, sehingga ada kekhawatiran muncul kesimpangsiuran informasi di masyarakat.

Share this: