2,2 Juta Warga Sumut Masih Buang Air Sembarang, Ini Program Djarot Untuk Sanitasi

Share this:
Djarot Saiful Hidayat saat bertemu dengan masyarakat Desa Dolok Sagala, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai.

SERGAI, BENTENGTIMES.com – Saat bertemu dengan masyarakat Desa Dolok Sagala, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Djarot Saiful Hidayat mengajak warga untuk menjaga kebersihan, khususnya di Desa Dolok Sagala Desa Dolok Masihul.

Hal ini diungkapkan mantan Gubernur DKI tersebut setelah mendapatkan data dari aktifis lingkungan PBB beberapa waktu terkait atas rendahnya kesadaran masyarakat terkait kebersihan, khususnya kebersihan pribadi.

Bedasarkan pertemuan tersebut, Djarot mengungkapkan bahwa masih ada jutaan masyarakat Sumut yang buang air besar (BAB) dengan Sembarangan.

“Saya ketemu aktifis lingkungan dan dapat data bahwa kalau di Sumut ini masih ada 2,2 juta warga Sumut yang buang air besar sembarangan,” ujar Djarot, Senin (2/4/2018) di Desa Dolok Masihul.

Djarot mengungkapkan bahwa hal ini harus menjadi perhatian serius karena hal tersebut bisa menjadi sumber penyakit bagi masyarakat.

“Ini kan salah satu sumber penyakit, oleh karena itu ini harus didekati dengan program yang saya sebut dengan sanitasi masyarakat. Jadi kita akan bangun sanitasi yang berbasis kepada masyarakat,” ujar Djarot.

“Melalui sanitasi ini nanti maka limbah keluarga, limbah domestik semuanya dapat dikumpulkan dan diolah kembali. Cara ini akan efektif bukan hanya untuk mencegah agar tidak tumbuh penyakit bisa diatasi khususnya dipemukimam padat penduduk,” ungkap Djarot.

Share this: