Djarot Menyusuri Permukiman Padat Penduduk di Punggung Bukit Kota Sibolga

Share this:

SIBOLGA, BENTENGTIMES.com – Selain menemui konstituennya, Djarot Saiful Hidayat juga meluangkan waktu meninjau permukiman padat penduduk di Jalan SM Raja, Gang Maninjau, Kelurahan Pancuran Bambu, Kota Sibolga Sambas, Kamis (29/3/2018).

Di sana, Djarot melihat langsung permukiman padat penduduk di punggung bukit Kota Sibolga. Dari Jalan Jalan SM Raja, Djarot menapaki anak tangga sampai ujung Jalan Gang Maninjau.

Djarot Saiful Hidayat didampingi Ketua Muslimin Berjuang Sumut Zaharudin Sinaga berbincang dengan warga Kota Sibolga, Kamis (29/3/2018).

Di ujung gang, Djarot menghampiri H Syafrudin Siregar, salah seorang warga yang sudah menetap selama 37 tahun di lokasi itu.

Kepada calon gubernur nomor urut 2 itu, pria paruh tua yang mengenakan sarung dan songkok di kepala itu mengungkapkan bahwa pertumbuhan penduduklah antara lain sebagai penyebab alih fungsi lahan perbukitan menjadi permukiman penduduk.

Ia mengatakan, kebun karet di punggung bukit itu ditebangi. Kemudian bebatuan dipahat dan dijadikan pondasi membangun rumah.

Djarot Saiful Hidayat berbincang dengan H Syafruddin Siregar, salah seorang warga yang bermukim di punggung bukit Jalan SM Raja, Gang Maninjau, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Kamis (29/3/2018).

Begitulah seterusnya sampai ke ujung gang di punggung bukit sesak rumah warga. “Akibatnya, sering terjadi longsor. Terutama di ujung gang itu,” tutur H Syafrudin menunjuk ke puncak bukit.

Kemudian, Djarot berpamitan dan beranjak ke ujung gang yang terjal. Djarot melihat lokasi permukiman penduduk yang sangat rawan longsor.

“Ini (akibat) alih fungsi,” tutur Djarot dengan ekspresi wajah sedih.

Djarot Saiful Hidayat berswafoto dengan warga saat ngopi di Warkop Bahagia Jalan Imam Bonjol, Kota Sibolga, Kamis (29/3/2018).

H Syafrudin menyebutkan, pada kejadian longsor belum lama ini tidak sampai menelan korban jiwa. Namun rumah warga banyak yang mengalami kerusakan.

Ketua Muslimin Berjuang Sumut Zaharudin Sinaga yang ikut mendampingi Djarot ke ujung Gang Maninjau mengatakan, Pemerintah Kota Sibolga harus mengaktifkan siskamling sebagai antisipasi jika terjadi longsor agar ada tindakan cepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Share this: