Gubsu Perkenalkan Lima Kandidat Sekdaprovsu

Share this:
Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi memperkenalkan lima nama kandidat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) usai lolos tahap seleksi administrasi pada lelang jabatan terbuka.

“Selamat kepada kelima orang yang sudah lulus seleksi berkas untuk lelang jabatan Sekdaprovsu. Seperti Pak Arsyad, Pak Fitriyus, Pak Sarmadan, Pak Binsar Situmorang dan Bu Sabrina. Silakan berdiri biar hadirin tahu,” kata Erry saat acara peresmian Smart City Province, di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu, Medan, Selasa (20/3/2018).

Sontak, sambutan dan perkenalan yang disampaikan Erry membuat hadirin, termasuk para kepala daerah, bertepuk tangan. Sayangnya, dari kelima nama itu, hanya dua orang yang hadir, yakni Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis dan Kadis Kominfo Sumut HM Fitriyus.

Usai acara, Erry menerangkan kepada wartawan bahwa panitia seleksi sudah menetapkan kriteria dan mekanisme lelang jabatan Sekdaprovsu sesuai ketentuan. Adapun pansel terdiri dari lima orang, yakni tiga dari pejabat eselon I (Kemendagri, BAKN dan Seskab), dua lainnya dari mantan birokrat dan akademisi.

“Mereka nantinya yang menentukan. Dikasih waktu 15 hari setelah seleksi berkas lalu mengumumkan. Setelah seleksi administrasi keluar lima nama dari sepuluh yang mendaftar,” katanya.

Selanjutnya kelima calon itu mengikuti assesment test lalu pembuatan makalah dan diumumkan hasil nilainya. Setelah itu akan dikerucutkan lagi tiga nama yang akan dikirim kepada tim penilai akhir (TPA) untuk disampaikan ke Presiden. Dari kelima nama itu sebut Erry lagi, beberapa calon sudah mengikuti pendidikan lanjutan.

“Seperti Pak Fitriyus sudah Pim 1, Pak Binsar juga sedang ikuti Pim 1. Bu Sabrina juga kayaknya sudah. Tapi kan ada juga dilihat dari aspek lain, seperti pengalaman, senioritas, seperti Pak Arsyad. Indikator penilaiannya banyak,” katanya.

Diketahui, berdasarkan Berita Acara Nomor:004/SPJPTM/III/2018 tanggal 10 Maret 2018 tentang Penetapan Hasil Seleki Administrasi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekdaprovsu, yang ditandatangani Ketua Panitia Seleksi I Nyoman Arsa pada 16 Maret 2018, lima nama calon Sekdaprovsu lolos seleksi administrasi.

Kelimanya adalah Kadis Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, Kadis Lingkungan Hidup Sumut Binsar Situmorang, Kadis Kominfo Sumut HM Fitriyus, mantan Asisten Ekbang Setdaprovsu Hj Sabrina dan Kepala Badan Pengelola dan Retribusi Daerah Sumut Sarmadan Hasibuan.

Share this: