Menyusuri Kebun Teh Bah Butong, Makin ke Tengah Semakin Semak Rerumputan Liar

Share this:
Chandro Purba-BENTENGTIMES.com
Rumput liar tampak tumbuh subur di areal kebun teh Bah Butong, mulai dari Afdeling I, II dan III. Foto ini dijepret Senin sore (26/2/2018).

Sebagai pengunjung, Nova berharap pihak PTP Nusantara IV Bah Butong agar serius memperhatikan perawatan tanaman menghasilkan teh tersebut.

“Kalau kebun tehnya tak terurus, pengunjung juga bakal malas datang kembali. Ini menjadi perhatian kita semua, terutama dalam hal pengelolaan sampah juga,” ujarnya.

Sementara, salahseorang pedagang, Andre HS, mengungkapkan bahwa sebenarnya ada perawatan secara berkala terhadap tanaman menghasilkan teh tersebut. Selain membabat rumput di sepanjang lorong kebun, rumput liar di antara tanaman teh tersebut juga selalu dibersihkan.

Menurutnya, kebun teh Bah Butong, sebelum-sebelumnya selalu bersih.

Ini salahsatu foto tampak dekat. Tampak jelas rumput liar tumbuh bersama-sama dengan tanaman menghasilkan teh. Foto dijepret Senin sore (26/2/2018).

“Biasanya sangat jarang kita menemukan ada rumput. Apalagi yang di pinggiran jalan selalu diupayakan bersih. Kalau yang di dalam-dalam itu maklumlah, gak pala nampaknya itu,” ujarnya dengan logat Batak.

Pria yang ketika ditemui sedang berjualan durian itu mengungkapkan, sejak Januari 2018, ia belum pernah sekalipun melihat ada rombongan pekerja yang turun melakukan perawatan terhadap tanaman menghasilkan teh tersebut.

“Kalau yang memanen, itu ada. Tapi kalau buruh perawatan, kami belum ada melihat di Afdeling I, II dan III sejak bulan Januari sampai Februari 2018 ini,” ungkapnya mengakhiri.

Share this: