Dukung Konservasi Orangutan Tapanuli, 3 Bupati Tandatangan Komitmen

Share this:
Bupati Tapteng, Bupati Tapsel serta Bupati Taput, sepakat mendukung konservasi Orangutan di hutan Batangtoru pada workshop di Aula Kantor Bupati Tapsel, Kamis (23/2/2018).

TAPTENG, BENTENGTIMES.com – Dalam rangka mendukung konservasi Orangutan di Hutan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Bupati Tapanuli Tengah, Bupati Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara menandatangani komitmen.

Penandatangan kesepakatan membangun komitmen bersama dan melaksanakan program-program upaya pelestarian di kawasan ekosistem Batangtoru itu dalam rangka menjaga keragaman hayati dan habitat Orangutan serta pelestarian ekosistem Batangtoru digelar dalam acara Workshop di Aula Kantor Bupati Tapsel, Kamis (23/2/2018).

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani mengatakan, kegiatan tersebut sangat positif sebagai wujud keseriusan para kepala daerah dikawasan Hutan Batangtoru yang harus berkoordinasi membangun komitmen bersama dalam rangka pelestarian ekosistem Batangtoru dan juga konservasi Orangutan serta pengelolaan sumber daya alam yang baik dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

“Kita berharap semua pihak-pihak yang berkompoten, para stakeholder yang punya kapasitas dan kompeten, termasuk masyarakat agar dengan visi yang sama menjaga habitat dan ekosistem dan kelestarian alam kawasan Hutan Batangtoru,” ucap Bakhtiar.

Dengan kata lain, pelestarian ekosistem Batangtoru dalam mendukung konservasi Orangutan Tapanuli harus selaras dengan pengelolaan sumber daya alam.

“Sektor swasta, masyarakat lokal juga diharapkan mendukung dan dapat berpartisipasi demi masa depan dan keterjagaan lingkungan dari kerusakan oleh ulah manusia yang tidak bertanggungjawab,” katanya.

Menurutnya, pemanfaatan hutan yang bertanggung jawab dan berkesinambungan merupakan bagian dari program Nawa Cita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Dimana peningkatan ekenomi masyarakat dapat terdobrak dengan konsep ekonomi hijau, dimana bisnis dapat beroperasi tanpa merugikan spesies yang terancam punah,” tuturnya.

Acara Workshop Pelestarian Ekosistem Batangtoru itu turut dihadiri Ketua Komisi VII DPR I Gus Irawan Pasaribu, Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, Kadishut Sumatera Utara Ir Helen Purba, Dirjen KSDAE Kementerian LHK Ir Wiratno MSc, para pakar, serta lembaga-lembaga yang ada di Tapsel, Tapteng dan Taput.

Share this: