Puting Beliung Rusak 7 Rumah dan 1 Sekolah di Simalungun

Share this:
Kondisi sekolah yang dihantam puting beliung di Desa Muara Mulia, Kecamatan Tanah Jawa, Kamis (22/2/2018).

SIMALUNGUN, BENTENGTIMES.com – Tujuh unit rumah dan satu unit bangunan sekolah dasar (SD) di Nagori (Desa) Muara Mulia, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun rusak setelah dihantam angin puting beliung, Kamis (22/11/2018) sekira pukul 18.00 WIB.

Saat itu, awalnya hujan deras melanda daerah itu. Namun tiba-tiba angin puting belung dating hingga merusak rumah yang terbuat dari dinding papan yang diketahui milik Gustaria Aruan. Selain itu, garasi milik Gereja HKBP Muara Mulia juga roboh.

Kemudian, atap rumah milik Dame Gultom, bagian dapur rumah milik Sugianto Siagian. Lalu, seng rumah milik Surung Silitonga, seng rumah milik Jujur Sidauruk, seng gudang dan rumah milik warga Muara Mulia yang belum terdata. Kemudian, seng SD Negeri 091506 Muara Mulia juga rusak dihantam angin.

Sejumlah warga mengaku bahwa saat kejadian berlangsung, mereka langsung berhamburan keluar rumah, walau saat itu hujan deras melanda daerah tersebut.

“Kami langsung keluar. Kami tak peduli lagi hujan deras saat itu, karena seng sudah beterbangan,” ujarb warga.

Tak lama kemudian, personel Polsekta Tanah Jawa dan Camat Tanah Jawa tiba di lokasi kejadian. Dibantu warga, para korban dan barang-barangnya dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Kapolsekta Tanah Jawa Kompol M Silaen melalui Kanit Reskrim Iptu J Sitinjak SH MH mengatakan hahwa hingga saat ini, perosnel kepolisian dan personel TNI masih berada di lokasi kejadian untuk membantu korban angin puting beliung tersebut.

Camat Tanah Jawa, Parolan Sidauruk mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pendataan korban dan sudah melaporkannya ke Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simalungun. Hingga saat ini, para korban untuk sementara tinggal di rumah keluarga masing-masing.

Share this: