Sepasang Harimau Sumatera Ditemukan di Tobasa

Share this:
Harimau Sumatera dengan nama latin Panthera Tigris Sumatrae.

Sepasang harimau yang tertangkap kamera di kawasan konservasi seluas 23.800 hektar itu, diperkirakan berumur 5-10 tahun dan tinggi sekira 1 meter.

“Harimau jantan tertangkap kamera sekira 3 Februari 2018 pukul 13.56 WIB. Sedangkan harimau betina terekam 6 Februari 2018 pukul 06.02 WIB,” ujarnya.

Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi ketika dihubungi mengapresiasi penemuan sepasang Harimau Sumatera oleh tim patroli konservasi dan lembaga pemantau perlindungan satwa liar di SM Dolok Surungan.

Pihaknya akan terus berupaya menjaga satwa liar asli Indonesia tersebut dengan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang menjaga kelestarian satwa dan konflik manusia dengan harimau.

“Kami akan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dan akan menambah kamera trap untuk memantau aktifitas satwa liar itu,” katanya.

Ia mengatakan, SM Dolok Surungan, Tobasa, merupakan kawasan konservasi bagi perlindungan dan habitat satwa liar diantaranya Harimau Sumatera dan Tapir.

Menurutnya, seekor harimau memerlukan 400 kilometer persegi kawasan hutan untuk aktifitas perburuan mencari makan dan daya jangkauannya di hutan.

Share this: