Sepanjang 2017, 50 Peristiwa Kebakaran di Siantar Dipicu Korsleting

Share this:

“Kalau ada kejadian kita memang senantiasa standby di kantor dengan membentuk 2 tim, yakni Tim Alpha dan Tim Romeo, yang jumlah personel seluruhnya sebanyak 70 orang. Namun kita sarankan warga menyediakan alat pemadam kebakaran,” terangnya.

Dia mengatakan bahwa saat ini Pemko Siantar memiliki lima unit mobil pemadam kebakaran yang sudah dilengkapi Power Take Off (PTO) yang fungsinya mempercepat proses penembakan air, dimana sebelumnya masih menggunakan mesin tempel. Kemudian, pihaknya juga disebut sudah mempunyai Tim Self Contained Breathing Apparatus (SCBA) yang dilengkapi alat bantu pernafasan untuk menerobos dan menolong korban yang terperangkap.

Sebagai upaya menanggulangi setiap terjadinya kebakaran secara maksimal, pihaknya terus meningkatkan kualitas SDM para personel. Ia mengatakan, ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika memadamkan api, seperti memastikan listrik sudah padam dan hal teknis lainnya.

“Tetapi hal yang paling menjadi kendala adalah jika terjadi kebakaran gedung bertingkat karena sampai saat ini belum ada sky lift untuk bisa dekat menjangkau titik api,” pungkasnya. (md/ms)

Share this: