Tim Gabungan Gencar Gelar Razia Taksi Online

Share this:
Tim gabungan dari dishub dan kepolisian saat menggelar razia.

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Tim gabungan merazia taksi online di Medan, Rabu (7/2/2018) sore. Puluhan taksi online terjaring. Hingga 15 Februari nanti, mereka hanya didata dan diberikan peringatan. Tidak dilakukan tilang.

Razia digelar di lobi dan jalan sekitar Sun Plaza, Jalan Zainul Arifin, Medan. Begitu taksi online menurunkan penumpang, petugas Dishub Kota Medan langsung masuk mobil dan menanyai sopir.

Para sopir kemudian mengaku sebagai driver taksi online. Namun, mereka belum ditilang atau diberi tindakan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No 108 Tahun 2017. Mereka hanya diberi peringatan.

Petugas kemudian mendata para sopir taksi online ini. Mereka juga diperintahkan menandatangani surat pernyataan untuk mematuhi peraturan jika ingin tetap beroperasi sebagai taksi online, yaitu uji KIR, sopir memegang SIM A Umum, dan memasang stiker stiker taksi online.

“Sejauh ini baru dua unit yang sudah pasang stiker, tapi belum menyelesaikan kewajiban sesuai Permenhub 108/2017, seperti belum melakukan speksi. Dia hanya sudah bergabung ke vendor,” kata Kabid Pengembangan,

Pengendalian dan Keselamatan Lalu Lintas Dishub Kota Medan Edison Brase Hamonangan Sagala.
Seorang sopir taksi online, Reza Purba terkejut dengan razia. Dia mengaku tidak mendapat sosialisasi soal Permenhub 108 Tahun 2017 dari perusahaan taksi online.

“Kami sudah tanya ke perusahaan, mereka bilang belum ada sosialisasi dari pemerintah,” ucap Reza, warga Deli Tua.
Sementara Kanit Dikyasa Satlantas Polrestabes Medan AKP Neneng Armayanti menyatakan mereka akan mengambil tindakan tegas, seperti tilang, jika setelah 15 Februari nanti para sopir taksi online tetap tidak memenuhi persyaratan.

Dia memaparkan, diperkirakan saat ini terdapat 32.000 taksi online yang terdeteksi di kawasan Kota Medan, Binjai dan Deli Serdang. “Padahal kuota yang ditentukan hanya sebanyak 3.500 unit,” jelasnya. (md/merdeka)

Share this: