Yudo Margono, Anak Petani Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Pernah Tugas di Belawan

Share this:
AMIR KHAN-BMG
Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkata Laut (KSAL).

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Teka-teki siapa calon tunggal Panglima TNI telah terjawab. Ketua DPR RI Puan Maharani telah mengumumkan sosok yang akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Ia adalah Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkata Laut (KSAL).

“Nama yang diusulkan oleh presiden menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut saat ini,” sebut Puan, dalam jumpa pers di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Puan menuturkan, Yudo diterima oleh DPR untuk mengikuti mekanisme pemilihan Panglima TNI yang berlaku. Yudo segera menjalani fit and proper test di Komisi I DPR RI.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini rekam jejak karir Laksamana Yudo Margono:

Anak Petani

Di balik karirnya yang moncer, Yudo ternyata lahir dari keluarga petani. Latar belakang inilah yang membuatnya paham arti penting perjuangan hidup.

Perjuangan itu pula yang dia tunjukkan untuk bisa menggapai impian menjadi seorang tentara.

Saat mendaftar menjadi tentara di Akademi Angkatan Laut (ALL), Surabaya, Jawa Timur, Yudo muda harus menempuh perjalanan jauh, dari Madiun ke Surabaya, dengan menaiki bus.

BacaCalon Kuat Panglima TNI: Antara Jenderal Dudung dan Laksamana Yudo, Siapa Pilihan Jokowi?

BacaDaftar Lengkap Mutasi 180 Perwira TNI, 6 Putra Batak, Satu di Antaranya Siantar Man

Bahkan, karena tidak punya sanak saudara, dia rela menumpang tidur di masjid untuk sekadar merebah tubuh setelah berjuang mengikuti proses seleksi di Akademi Angkatan Laut.

“Kayak saya, rumah Madiun, daftarnya pas itu di Surabaya. Akhirnya, saya ngeluarin duit buat naik bus,” ungkap Yudo, saat hadir dalam Acara Serbuan Vaksinasi TNI Angkatan Laut, di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (2/11/2021) lalu.

“Terus saya sewaktu itu tidur di masjid, karena kan memang enggak ada saudara,” kenang Yudo.

Halaman Selanjutnya >>>

Besar di Kapal Perang

Share this: