Yudo Margono, Anak Petani Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Pernah Tugas di Belawan

Share this:
AMIR KHAN-BMG
Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkata Laut (KSAL).

Dari Dan Lantamal I Belawan Hingga Akrab di Telinga Masyarakat

Lalu, Yudo ditunjuk menjadi Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan pada 2015-2016, Kepala Staf Komando Armada Republik Indonesia wilayah Barat (Koarmabar) pada 2016-2017.

Kemudian, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) pada 2017-2018.

Karir militer Yudo pun terus meroket dengan menduduki beberapa jabatan strategis di lingkungan TNI AL lainnya. Di antaranya, Panglima Komando Armada I 2018-2019 dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) pada 2019-2020.

Saat menjabat Pangkogabwilhan I, itulah nama Yudo kian akrab di telinga masyarakat atas keterlibatannya secara langsung memantau kehadiran kapal-kapal nelayan China yang melanggar karena memasuki wilayah Natuna, Kepulauan Riau, pada 2020.

Tidak lama setelah persoalan Kapal China di Natuna, Yudo yang saat itu masih menyandang bintang tiga juga terlibat aktif dalam penanganan warga terkait Covid-19, terutama dalam pemulangan warga negera Indonesia (WNI) yang di luar negeri.

BacaMutasi dan Promosi 108 Pati TNI, 4 Orang Putra Batak

Baca75 Pati TNI Dimutasi, Dua Orang Batak, Ini Daftar Lengkapnya..

Setelah menjadi Pangkogabwilhan I, Yudo kemudian dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), pada 2020 hingga saat ini.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: