Hari Air Sedunia, Aqua Gelar Lomba Melukis Mural

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Karyawan PT Tirta Sibayakindo foto bersama dengan 100 anak-anak dari Rumah Baca Lembah Sibayak (RBLS) dan Rumah Anak Sibayak Simalem (ASISI), dalam acara memperingati Hari Air Sedunia, di Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Karo, belum lama ini.

KARO, BENTENGTIMES.com– PT Tirta Sibayakindo (TSI) menggelar lomba melukis mural, penyuluhan, dan gotong royong bersih kampung di sepanjang jalan Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, pada Sabtu dan Minggu (23-24/3/2019). Kegiatan yang digelar pendukung Djarot Saiful Hidayat itu digelar dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret.

Dalam kegiatan itu, sedikitnya 100 orang anak-anak dari Rumah Baca Lembah Sibayak (RBLS) dan Rumah Anak Sibayak Simalem (ASISI) hadir. Dalam gotong royong itu, turut serta para karyawan perusahaan pensuplai bahan air Aqua, Anggota Pramuka SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi, dan pembina Eduard Sipakar.

Esron Siringoringo, Manager CSR PT TSI, didamping Koordinator CSR Darmadi menyebutkan, ada dua kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan Hari Air Sedunia tersebut. Pertama, membersihkan sampah di sepanjang jalan Desa Doulu.

Setelah itu, mengajak anak-anak dari Rumah Baca Lembah Sibayak dan Rumah Anak Sibayak Simalem untuk melukis mural bertemakan konservasi air. Kemudian dilanjutkan acara penyuluhan yang dihadiri 100 orang anak-anak.

Baca: PDAM Tirtauli Salurkan Air hingga ke Balai Kota Siantar

Ia mengungkapkan, untuk menyukseskan kegiatan tersebut pihaknya menjalin kerja sama dengan Sources of Indonesia (SoI) dan Citra Fondasi Komunitas (CFK).

“Kedua lembaga ini mitra kerja kita dalam pelaksanaan CSR,”  Esron.

Sementara itu, Arie salahseorang relawan yang terlibat dalam kegitan tersebut menuturkan, lewat kegiatan melukis bertema air diharapkan mampu membangun kesadaran dan kreatifitas anak-anak di lembah Sibayak. Kehadiran anak-anak Rumah Baca Lembah Sibayak dan Rumah Anak Sibayak Simalem (ASISI) adalah sebuah upaya untuk mengedukasi generasi sejak usia dini.

“Kita semua tahu lembah Sibayak adalah daerah tangkapan air dan merupakan daerah hulu dari sungai yang ada di Sumatera. Jadi, perubahan perilaku perlu dilakukan agar air bersih dapat dinikmati oleh masyarakat yang tinggal di hulu, di tengah, dan di hilir” harapnya.

“Kegiatan ini kita laksanakan di Jambur Doulu Pasar, dalam rangkaian yang padat tersebut sebagian orangtua anak-anak juga terlibat dan ikut serta. Di akhir kegiatan, kami juga membagikan hadiah doorprice kepada anak-anak yang beruntung. Sebanyak 35 anak-anak akan menerima hadiah sederhana sebagai penyemangat”.

“Kami berharap kegiatan seperti ini dapat selalu dilakukan untuk menumbuhkan semangat dan kesadaran masyarakat terutama anak-anak sebagai generasi penerus bangsa Indonesia” ujarnya.

Baca: Ini Daftar Dugaan Korupsi Badri Kalimantan, Mantan Dirut PDAM Tirta Uli

Dijelaskan Ari, Hari Air Sedunia merupakan sebuah upaya kampanye global untuk masyarakat dunia dalam menjaga dan memanfaatkan air bersih di seluruh dunia.

Setelah mendapatkan air bersih merupakan hak asasi manusia (HAM), Golap bijak dalam menggunakan air bersih adalah salah satu langkah agar air bersih dapat dinikmati oleh setiap orang.

Share this: