Rotasi TNI, Menantu Luhut Pandjaitan Jadi Komandan Paspampres

Share this:
BMG
Brigjen TNI Maruli Simanjuntak.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan rotasi sejumlah perwira tinggi (pati) di lingkungan TNI. Brigjen TNI Maruli Simanjuntak yang sebelumnya menjabat sebagai Kasdam Diponegoro diangkat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Menantu Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan itu menggantikan posisi Mayjen (Mar) Suhartono. Mutasi jabatan ini tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor:Kep/1240/XI/2018 yang ditandatangani Hadi pada Kamis (29/11/2018).

“Ada mutasi, benar,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Santos Gunawan Matondang, Jumat (30/11/2018).

Untuk jabatan Kasdam Kodam Diponegoro yang ditinggalkan Maruli diisi oleh Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa. Adapun Mayjen Suhartono dirotasi menduduki posisi Dankormar yang sebelumnya diisi oleh Mayjen TNI Bambang Suswantono.

(Baca: 2 Prajurit TNI Tewas Ditembak Kelompok Bersenjata di Papua, Berikut Penjelasan Letkol Dax Sianturi)

(Baca: Begini Upaya TNI Bantu Pemerintah Tingkatkan Swasembada Pangan)

Melalui rotasi ini, posisi Pangkostrad saat ini ditempati oleh Mayjen Besar Harto yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi. Ia menggantikan Mayjen TNI Andika Perkasa yang naik pangkat menjadi KSAD.

Sementara, Mayjen Tri Soewandono kini mengisi posisi Pangdam III Siliwangi. Dalam surat keputusan Panglima TNI itu tertulis bahwa rotasi ini dinyatakan telah melalui proses Dewan Kepangkatan Jabatan Tinggi Tinggi (Wanjakti) per tanggal 21 September 2018.

Share this: